Honda

Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Ramai Suasana Mudik Lebaran 2024 Begini Kisahnya

Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Ramai Suasana Mudik Lebaran 2024 Begini Kisahnya

Seorang Ibu Melahirkan Ditengah Ramai Suasana Mudik Lebaran 2024 Begini Kisahnya-by DC Studio-on Freepik

Ini semua tidak lepas dari kesiapan dan tindakan sigap dari seluruh unsur pelayanan penumpang, ungkap Ixfan Hendriwintoko Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, saat memberikan pernyataan resmi, Kamis (11/4/2024). 

Penuh bangga KAI pun tak lupa mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah membantu Meliana melewati proses persalinan termasuk juga para petugas yang telah membantu.

BACA JUGA:Lebaran 2024 Hari Kedua, Sulut 3 Kali Digoyang Gempa Bumi, Terkuat Capai 5.6 Magnitudo

BACA JUGA:Ternyata Ada Spot Kuliner dan Wisata Menarik Dekat Gerbang Tol di Sumsel Lho, Apa Saja?

"KAI memang telah menetapkan beberapa ketentuan bagi ibu hamil yang akan berpergian dengan menggunakan jasa kereta api," ungkap Joni Martinus VP Public Relation KAI. 

Ketentuan tersebut antara lain adalah, bagi Penumpang yang hamil 14 s.d. 28 minggu wajib didampingi 1 orang penumpang dewasa. 

Namun, jika diketahui usia kehamilan di atas 14 s.d. 28 minggu, maka wajib membawa surat keterangan dari dokter kandungan/bidan.

Isi surat ketrangan tersebut harus mencantumkan usia kehamilan saat pemeriksaan, kondisi kandungan yang sehat, tidak terdapat kelainan dalam kandungan, serta wajib didampingi oleh minimal 1 orang dewasa.

BACA JUGA:Lebaran 2024, BMKG Catat Gempa Terjadi di Beberapa Wilayah Ini

BACA JUGA:Dendanya Bisa Beli Motor BeAT, Ini Pesan Kemenag RI Bagi Jemaah Haji

Selain membawa surat keterangan, Ibu hamil yang akan melakukan perjalanan juga diwajibkan melapor tentang kondisi kesehatannya kepada petugas sehingga diketahui oleh tim KAI dan bisa memprioritaskan keselamatannya. 

Hal ini dilakukan agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang dialami ibu hamil dalam perjalanannya menggunakan kereta api.

Bila mendesak, Ibu hamil dapat menghubungi Kondektur yang bertugas ketika membutuhkan bantuan atau pertolongan, dengan mengontak nomor telepon petugas yang terpasang di ujung depan setiap kabin kereta.

Selama periode Angkutan Lebaran ini, KAI memang telah menyiapkan beberapa Posko Kesehatan yang bekerja sama dengan rumah sakit terdekat dengan stasiun. 

BACA JUGA:Laga Pamungkas Megawati Hangestri bersama Red Sparks Vs Tim Indonesia All Star, Tertarik menonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: