Honda

Jubah Kuno SMB II Jadi Koleksi Kesultanan Palembang Darussalam, Segini Usianya

Jubah Kuno SMB II Jadi Koleksi Kesultanan Palembang Darussalam, Segini Usianya

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn, saat menunjukkan jubah kuno milik mendiang Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II.-Dudi Oskandar-

PALPRES.COM - Kesultanan Palembang Darussalam memiliki koleksi kuno, yaitu sebuah jubah milik Sultan Mahmud Badaruddin II.

Jubah  bersejarah itu, kini disimpan oleh  Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH Mkn.

Jubah yang panjangnya diperkirakan 1, 5 meter, warna kuning oranye, motip bunga bunga, berlengan panjang ada sedikit robek di leher kanan, kini menjadi salah satu koleksi berharga yang dimiliki Kesultanan Palembang Darussalam.

“Jubah ini milik SMB II, jadi kita perlihatkan bahwa SMB II memiliki motif baju yang berbeda dan cukup indah pada masanya.

BACA JUGA:8 Buah-buahan yang Bagus Menurunkan Kolesterol Usai Santap Hidangan Lebaran

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Adaro Logistics (Adaro Group) perusahaan Tambang dan pembangkit listrik

Sehingga bisa dijadikan salah satu contoh atau salah satu warisan budaya yang kita miliki  dari Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya, Jumat 12 April 2024.

Umur jubah tersebut, menurut SMB IV diperkirakan antara 200 sampai 300 tahun.

Mengenai bagaimana ceritanya sehingga jubah ini bisa sampai di Kesultanan Palembang Darussalam, SMB IV mengaku tidak tahu karena mendapat warisan dari orangtuanya.

“Kalau dari motifnya jubah itu adalah jubah pada acara-acara tertentu, sebab kalau  jubah itu tidak setiap hari di pakai sultan, “ katanya.

BACA JUGA:Gampang Buatnya! Punya Khasiat Luar Biasa, Inilah Jus Buah untuk Mengatasi Wasir

BACA JUGA:Pengusaha Properti yang Divonis Mati Ternyata Seorang Crazy Rich

SMB IV mengaku, kalau jubah milik SMB IV ini belum ada kajian akademiknya.

“Belum ada kajian, nanti akan kita kaji fungsinya seperti apa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: