Honda

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia, yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia, yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?--

PALPRES.COM- Hai sahabat Palres.com dimana pun anda berada, tahukan anda bahwa menurut laporan statistik Indonesia yang diunggah di media online, pada tahun 2022 ada 3.107 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dan jumlah ini turun dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 3.115 perguruan tinggi. 

Kemudian mungkin sahabat bertanya-tanya apa universitas pertama berdiri di Indonesia, berdasarkan sumber di palt form media online ternyata ada universitas yang sudah berdiri setelah 2 tahun proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Nah supaya tidak penasaran, ini urutan 8 kampus negeri dan swasta tertua di Indonesia. 

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

BACA JUGA:Hunian Terbaik dengan Fasilitas Lengkap Ini Ada di Palembang, Harga di Bawah Rp1 M

Universitas Islam Indonesia (UII) di Yogyakarta termasuk universitas tertua di Indonesia, dimana kampus swasta ini pada awal berdirinya pada tanggal 8 juli 1945 adalah merupakan sebuah sekolah tinggi Islam, lalu pada tanggal 3 November 1997, berdiri sebagai sebuah universitas swasta tertua di Indonesia dengan nama Universitas Islam Indonesia.       

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Pada tanggal 19 Desember 1949, Pemerintah Indonesia mendirikan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, dan UGM merupakan universitas negeri tertua di bumi pertiwi, sehingga menjadikan UGM masuk dalam catatan universita tertua di Indonesia. 

Dimana Universitas Gajah Mada pada awalnya hanya enam fakultas saja, tapi kini telah memiliki 18 fakultas.

BACA JUGA:Biaya Kuliah di Unpad Jalur SMUP, Prestasi dan Mandiri 2023

3. Universitas Indonesia (UI)

Sejarah Universitas Indonesia (UI) termaktub sejak abad ke-19, tepatnya pada tahun 1849, dimana pada masa pendudukan penjajah kolonial Belanda, perguruan tinggi ini bernama Dokter Djawa School Batavia. 

Karena sejarah yang panjang itu, tidak jarang Universitas Indonesia dinobatkan sebagai universitas pertama di Indonesia, tapi barulah pada tanggal 2 Februari 1950 universitas negeri tertua di Indonesia ini menyandang nama Universitas Indonesia yang dikenal sampai sekarang ini. 

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: