Honda

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia, yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia, yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?

Inilah 8 Universitas Negeri dan Swasta Tertua di Indonesia yuk Baca Kampus Kamu Ada gak?--

BACA JUGA:4 Universitas Daerah Terbaik di Sumsel Versi Unirank 2023, Cek Kampus Kamu Termasuk Tidak?

Universitas Airlangga (UNAIR) juga memiliki sejarah panjang sejak masa pendudukan Belanda, dimana pada tanggal 2 Januari 1849 menandai berdirinya Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS), sebuah sekolah pendidikan dokter pribumi di Surabaya. 

Sekolah pendidikan dokter ini merupakan cikal bakal Fakultas Kedokteran Unair, kampus Unair sendiri resmi berdiri pada 10 November 1954. Seiring waktu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini telah berkembang pesat dan sekarang menempati tiga lokasi yang berbeda, yaitu kampus Unair A, B, dan C.

Dan Universitas Airlangga termasuk sebagai salah satu universitas negeri tertua di Indonesia.

5. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

BACA JUGA:Transaksi di Festival Sriwijaya XXXI Capai Rp1 Milliar, Ini Harapan Kadisbudpar Sumsel

Pada tanggal 10 September 1956, Pemerintah Indonesia mendirikan Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam sejarahnya Unhas berkembang dari Fakultas Ekonomi UI, dan kini, universitas tertua di Indonesia timur ini telah memiliki 14 fakultas, dan termasuk salah satu universitas negeri di Indonesia.

6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Pemerintah Indonesia mendirikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jawa Barat pada tanggal 11 September 1957, pada awalnya berdirinya UNPAD memiliki empat fakultas saja, tapi sekarang salah satu universitas negeri tertua di Indonesia ini sudah memiliki 16 fakultas.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

BACA JUGA:5 Penginapan Murah di Sumatera Selatan, Cocok Untuk Traveller Minim Bujet

Pada tanggal 10 November 1957 berdirinya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Jawa Timur, saat itu, salah satu kampus tertua di Indonesia ini masih menjadi bagian dari Yayasan Perguruan Tingggi Teknik (YPTT) hingga resmi menyandang nama ITS pada tahun 1961.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sama seperti kampus lainnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mempunyai sejarah panjang sejak masa kolonial Belanda, sehingga layak disematkan sebagai salah satu kampus tertua di Indonesia. 

Ketika berdiri pada 3 Juli 1920, kampus tertua di Indonesia ini masih bernama Technische Hoogeschool te Bandoeng (TH te Bandoeng), kemudian pada 2 Maret 1959, nama ITB resmi disematkan pada satu dari perguruan tinggi tertua di Indonesia ini.

BACA JUGA:Setara Honda Beat, Suzuki Burgman Street Dibanderol Rp17 Jutaan, Namun Memiliki Fitur Melimpah

Sahabat Palpres.com, itulah 8 perguruan tinggi tertua di Indonesia, dimana Kampus-kampus di atas terbilang cukup difavoritkan untuk siswa menuju jenjang perguruan tinggi, termasuk UII yang merupakan kampus swasta tertua di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: