Honda

Kinerja Keuangan Impresif 2023, Hutama Karya Kantongi Laba Bersih 1,872 Triliun

Kinerja Keuangan Impresif 2023, Hutama Karya Kantongi Laba Bersih 1,872 Triliun

Jembatan di salah satu jalan tol yang dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya)-Hutama Karya-

PALPRES.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal memberi apresiasi positif pada PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), sebagai BUMN yang tergolong “sehat”.

Hal ini dikarenakan pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dilakukan, dinilai dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi yang tidak tersentral di pulau Jawa.

Mempertegas pernyataan tersebut, Hutama Karya berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang cemerlang berdasarkan laporan keuangan (audited) tahun 2023 yang telah diumumkan pada tanggal 30 Maret 2024.

Kinerja Hutama Karya pada 2023 mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp 1,872 triliun, atau tumbuh signifikan sebesar 521 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year/y.o.y). 

BACA JUGA:Fitur Unggulan realme 12 5G, Performa Mulus dengan Chipset Bertenaga, Multitasking Jadi Lancar, Harganya?

BACA JUGA:Membantu Program Diet: Inilah 5 Camilan Rendah Kalori, Nomor 2 Dijuluki Super Food!

Disusul pendapatan perusahaan juga menunjukkan kinerja baik hingga akhir tahun 2023 yaitu Rp 26,93 triliun, atau meningkat 11,81%, jika dibandingkan dengan periode yang sama Rp 24,08 triliun.

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto menyebutkan perolehan laba ini menjadi titik balik bagi transformasi menyeluruh yang dilakukan, mulai dari aspek keuangan, pengembangan bisnis dan investasi.

“Salah satu aksi korporasi yang dilakukan, yaitu asset recycling yang dilakukan terhadap kerjasama investasi ruas Jalan Tol Trans Sumatera yakni jalan tol Medan – Binjai (16,8 km), dan Bakauheni – Terbanggi Besar (140,9 km) bersama dengan Indonesia Investment Authority (INA) senilai Rp 20,5 triliun pada Juni 2023 lalu,” ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan dari kerjasama investasi tersebut, terdapat perbaikan dalam liabilitas perusahaan dari Rp 70,53 triliun menjadi Rp 53,11 triliun atau penurunan sebesar 24,70%. 

BACA JUGA:Daftar 10 Kota Terkaya di Indonesia Tahun 2024, Bukan Surabaya Juaranya, Tapi Kota Ini?

BACA JUGA:Jangan Asal Pilih! Ini 8 Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil, Kulit Glowing Bayi Tetap Sehat

Selaras dengan itu, ekuitas Hutama Karya juga ditandai mengalami penguatan sebesar Rp 116,62 triliun dari sebelumnya Rp 85,78 triliun.

Hal ini mengalami peningkatan sebesar 35,96%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: