Honda

5 Etika Pakai Lampu Jauh yang Benar, Sering Diabaikan Pengendara

5 Etika Pakai Lampu Jauh yang Benar, Sering Diabaikan Pengendara

Inilah 5 etika pakai lampu jauh yang benar, sering diabaikan pengendara kendaraan bermotor. -Freepik.com-

3. Jangan Gunakan Saat Posisi Berlawanan Arah dengan Kendaraan Lain 

Esensi utama dalam etika menggunakan lampu jauh saat berkendara adalah agar kamu tidak menganggu keamanan dan kenyamanan pengemudi lain saat berkendara. 

Apabila kamu berpapasan atau berlawanan arah dengan pengemudi lain, jangan pernah menggunakan lampu jauh sebagai alat penerangan kendaraanmu.

Saat lampu jauh disorotkan ke pengemudi di posisi yang berlawanan arah denganmu, mereka akan merasakan silau dan mengganggu penghilatan, yang mana merupakan aspek krusial saat berkendara. 

Sehingga hal ini berpotensi untuk menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

 

4. Pakai Lampu Jauh Saat Berkendara di Jalanan Berkabut

Saat kamu berkendara di daerah pegunungan, jalanan seringkali tertutupi kabut. 

Saat jalanan tertupi oleh kabut, penglihatan akan sangat terbatas. 

Sehingga jika kamu berada di daerah pegunungan dan jalanan sedang tertutupi oleh kabut, warga setempat biasanya akan melarang kamu berkendara karena dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat di perjalanan.

Namun jika kamu sedang berada di kondisi terdesak dan harus berkendara di jalanan yang tertutup kabut, lampu kabut dapat membantu penerangan di jalan sehingga penglihatanmu saat berkendara akan terbantu. 

Selain itu berkendaralah dengan kecepatan rendah, agar kamu lebih berhati-hati saat mengendarai mobil di situasi seperti ini.

 

5. Nyalakan Lampu Jauh Saat Berada di Tikungan

Jika kamu melalui jalanan dengan tikungan tajam, nyalakan lampu jauh agar pengemudi lain menyadari ada kendaraan lain yang akan melintas dari lawan arahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: