Honda

Kapolda Sumsel: Beberapa Ruas Tol Bergelombang dan Perlu Waspadai Kecepatan

Kapolda Sumsel: Beberapa Ruas Tol Bergelombang dan Perlu Waspadai Kecepatan

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mengimbau masyarakat untuk waspadai kecepatan di ruas tol bergelombang.-Humas Polda Sumsel-

PALPRES.COM - Kapolda Sumsel, Irjen A Rachmad Wibowo melakukan survei dan pengecekan kondisi jalur dalam rangka meningkatkan pelayanan pemudik.

Dalam kegiatan peninjuan peninjauan Pos Pelayanan di KM 277 dan di pintu Tol Keramasan turut ikut serta Kapolda Sumsel yakni Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, PUPR, BPTD, Wakita Karya.

Kapolda Sumsel menjelaskan, untuk jalur tol Lampung-Palembang menempuh perjalanan sekitar 114 Kilometer (Km) dan terbagi dua pengelola jalan. 

Pengelola jalan pertama berada di KM 253 sampai dengan KM 330 dengan pengelolanya Hutama Karya, dan mulai KM 330 sampai KM 367 dikelola oleh Waskita Karya. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Tinjau Command Center BPTD Wilayah VII Guna Cegah Terjadinya Kecelakaan Selama Arus Mudik

"Dalam tinjauan yang kita lakukan beberapa waktu lalu didapatkan bahwa ada jalur bergelombang dari KM 330 sampai KM 367," ujar Irjen Pol Wibowo, Ahad 7 April 2024. 

Dalam meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam berkendara, pihak Waskita Karya akan terus melakukan perbaikan terhadap ruas jalur tersebut.

Pihaknya melihat kondisi ini sama seperti tahu sebelumnya. "Sehingga kita menilai hal ini sangat membahayakan bila kita maupun masyarakat mengemudikan kendaraan dalam kecepatan tinggi," terangnya. 

Sehingga Jenderal bintang dua ini mengimbau masyarakat harus berhati-hati di ruas jalan tersebut dan mematuhi peraturan lalu lintas.

BACA JUGA:Polda Sumsel Siapkan Personel SOC Saat Libur Lebaran

Untuk itu,  Irjen Pol Wibowo merekomendasikan kecepatan yang direkomendasikan maksimal 60 kilometer/jam dalam menghadapi kondisi jalan yang bergelombang.

Ditambah syarat ban kendaraan dalam kondisi baik. Menurutnya, jika dipaksakan kecepatan tinggi sangat rawan kena benturan dan bisa berakibat pecah ban.

"Pada tahun lalu tidak ada insiden menonjol, dan kita harapkan di tahun ini bisa sama amannya dan terkendali," ungkapnya.

Sementara itu untuk ruas arah Lampung KM 330 sampai KM 253 kondisi jalan cukup licin, tetap dibutuhkan konsentrasi dan berhati-hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: