Honda

Perusahaan Alat Berat Terkemuka PT United Tractors Tbk Buka Lowongan Kerja Terbaru Siap 14 Posisi Jabatan

Perusahaan Alat Berat Terkemuka PT United Tractors Tbk Buka Lowongan Kerja Terbaru Siap 14 Posisi Jabatan

pt united tracktor buka lowongan kerja-IG/-lokerind

PALPRES.COM - Perusahaan Alat Berat Terkemuka, PT United Tractors Tbk membuka Lowongan Kerja terbaru dengan menyiapkan 14 Posisi Jabatan untuk ditempati.

PT United Tractors Tbk merupakan distributor peralatan alat berat terkemuka di Indonesia dengan produk ternama dunia seperti Komatsu, UD Trucks, Scania, Bomag, Tadano, dan Forest.

Saham Perusahaan ini mayoritas dimiliki oleh PT. Astra International Tbk. sebagai pemegang saham mayoritas. 

PT United Tractors Tbk berkomitmen untuk menjadi perusahaan kelas dunia yang menawarkan solusi di bidang alat berat, pertambangan dan energi sehingga bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.

BACA JUGA:Apa Saja Sih yang Menentukan Harga Batu Giok Jadi Mahal? Ternyata Karena Hal Ini

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Laundry Terbaik dan Termurah di Palembang, Catat Alamat dan Jam Bukanya

Jaringan distribusi PT. United Tractors Tbk saat ini mencakup 19 kantor cabang, 22 kantor pendukung, dan 11 kantor perwakilan di seluruh Indonesia. 

Selain menjadi distributor peralatan berat terbesar di Indonesia, Perusahaan kini aktif di bidang kontraktor penambangan dan telah memulai usaha pertambangan batu bara. 

UT menjalankan bisnisnya melalui tiga unit usaha yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Pertambangan.

Berikut ini Lowongan Kerja PT United Tractors Tbk

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Penempatan 22 Wilayah Termasuk Palembang

BACA JUGA:Lowongan Kerja Perusahaan Konstruksi Alat Berat PT PP Presisi Tbk

1. After Sales Consultant

Tugas:

  • Pertahankan hubungan pelanggan yang kuat dan pastikan kepuasan pelanggan.
  • Mengembangkan strategi untuk memenuhi target pelanggan.
  • Pimpin tim Layanan Purna Jual dalam menerapkan strategi jangka pendek dan jangka panjang.
  • Menganalisis, mengkoordinasikan, dan mengelola kegiatan yang berkaitan dengan penjualan suku cadang.
  • Melakukan aktivitas penjualan produk suku cadang dan pemeliharaan kontrak: perencanaan penjualan menjalin dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan mengumpulkan hasil penjualan.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang penjualan atau bidang terkait lainnya.
  • Gelar Sarjana Minimal di jurusan apa pun.
  • IPK minimal 3,25.
  • Kemampuan untuk secara efektif membujuk dan meyakinkan pelanggan.
  • Keterampilan interpersonal dan komunikasi yang kuat.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

2. Business Consultant / Sales Representative (Mandarin Speaker)

Tugas:

  • Memberikan solusi melalui penawaran produk atas permasalahan bisnis yang dialami perusahaan
  • Membantu dalam pemenuhan kebutuhan administrasi pelanggan
  • Terus ikuti perkembangan dinamika pasar untuk mengidentifikasi peluang penjualan produk perusahaan
  • Melakukan pemetaan penjualan untuk memfasilitasi peluang pasar baru
  • Menjaga reputasi perusahaan dengan konsisten memberikan informasi terkini mengenai produk
  • Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang konsultan Penjualan, insinyur penjualan, pengembangan bisnis atau bidang terkait
  • Gelar sarjana di jurusan apa pun
  • IPK minimal 3,25
  • Lancar berbahasa Mandarin dan Inggris, mampu menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan korespondensi
  • Keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik, keterampilan negosiasi yang kuat dan keterampilan pemecahan masalah
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

BACA JUGA:PT Samator Indo Gas Tbk membuka lowongan kerja terbaru Lulusan S1 Penempatan All Wilayah

BACA JUGA:Rekomendasi 7 Tempat Laundry di Palembang, Cucian Bersih dan Wangi, Cek Alamatnya di Sini

3. Corporate Legal Associate

Tugas:

  • Memberikan nasihat yang akurat dan tepat waktu kepada para eksekutif dalam berbagai topik hukum (hukum perburuhan, kemitraan, usaha internasional, keuangan perusahaan, dll.)
  • Berkolaborasi dengan manajemen untuk merancang strategi pertahanan yang efisien
  • Menerapkan teknik manajemen risiko yang efektif dan memberikan nasihat proaktif mengenai kemungkinan masalah hukum
  • Berkomunikasi dan bernegosiasi dengan pihak eksternal (regulator, penasihat eksternal, otoritas publik, dll.), menciptakan hubungan kepercayaan
  • Menyusun dan memperkuat perjanjian, kontrak, dan dokumen hukum lainnya untuk memastikan hak hukum penuh perusahaan.

Persyaratan:

  • Fresh Graduate atau pengalaman maksimal 2 tahun sebagai Corporate Legal
  • Minimal gelar Sarjana Hukum
  • IPK minimal 3,25
  • Berkolaborasi dengan orang-orang di departemen lain memerlukan pemikiran analitis yang kuat dan keterampilan pemecahan masalah. Kolaborasi yang efektif melibatkan pemahaman perspektif yang berbeda, mengidentifikasi tujuan bersama, dan menemukan solusi yang saling menguntungkan.
  • Memahami dasar-dasar hukum, masalah operasional di sekretariat perusahaan, dan masalah manajemen di perusahaan sangat penting untuk perencanaan, penganggaran, dan perkiraan bisnis yang efektif.

4. Data Science (AI Engineer)

Tugas:

  • Ekstrak data dalam jumlah besar dari berbagai sumber internal dan eksternal.
  • Kembangkan solusi berbasis data untuk tantangan yang paling mendesak.
  • Buat algoritma baru untuk memecahkan masalah dan membangun alat untuk mengotomatisasi pekerjaan.
  • Memberikan rekomendasi untuk perubahan yang hemat biaya terhadap prosedur dan strategi yang ada.
  • Membuat visualisasi data.
  • Jelajahi dan selidiki AI generatif, visi komputer, dan konsep pembelajaran mesin yang lebih luas melalui penelitian yang cermat. Ikuti perkembangan terkini dan metodologi AI untuk membantu pengambilan keputusan.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang ilmu data/analisis data atau bidang terkait lainnya.
  • Minimum gelar sarjana di bidang Statistik/Matematika, Ilmu Komputer atau bidang terkait lainnya.
  • IPK minimal 3,25.
  • Keterampilan pemecahan masalah yang kuat dan kemampuan untuk berkembang dalam lingkungan yang dinamis dan bergerak cepat dengan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk mempelajari dan menerapkan teknologi dan alat baru di bidang AI dan ilmu data dengan cepat.
  • Pengalaman dengan bahasa kueri data dan perangkat lunak statistik atau matematika seperti Python.

BACA JUGA:BERBAHAYA! 6 Tanda Kepribadian Ini Berpotensi Jadi Psikopat

BACA JUGA:Lulusan S1 Teknik Merapat! PT KA Properti Manajemen Membuka Lowongan Kerja Ini Persyaratannya

5. Hydro Engineer

Tugas:

  • Memiliki tanggung jawab dalam melakukan Studi Kelayakan, Perencanaan dan Desain, Manajemen Proyek, dan Evaluasi Lingkungan untuk dapat berkembang, dan memastikan operasional dapat dilaksanakan dengan tepat dan efisien.
  • Mengembangkan dan menerapkan strategi untuk memperluas kehadiran perusahaan di industri pembangkit listrik tenaga air, termasuk mengidentifikasi pasar dan peluang bisnis baru.
  • Memberikan keahlian teknis dan dukungan untuk inisiatif pengembangan bisnis, termasuk menafsirkan data teknis, melakukan penilaian lokasi, dan mengoptimalkan desain proyek.
  • Melakukan penelitian tentang tren industri pembangkit listrik tenaga air, termasuk permintaan pasar, perubahan peraturan, dan teknologi baru
  • Menilai kelayakan teknis dan kelayakan ekonomi proyek pembangkit listrik tenaga air, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sumber daya air, kondisi lokasi, dan dampak lingkungan.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 3 tahun di bidang terkait
  • Minimal gelar Magister Hidrologi, Geologi, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin
  • IPK minimal 3,00
  • Lancar berbahasa Inggris, mampu menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan korespondensi
  • Keterampilan kerja tim dan komunikasi yang kuat, pemikiran proaktif, pembelajaran yang kuat, dan kemampuan adaptasi.
  • Pengalaman menangani ekspansi bisnis end-to-end
  • Memiliki pengalaman dasar yang kuat dalam memahami aliran air, pola curah hujan, dan karakteristik geografis di PLTA.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

6. Innovation Management

Tugas:

  • Mendorong dan memfasilitasi pembangkitan ide dari karyawan dan sumber eksternal.
  • Evaluasi gagasan untuk kelayakan, dampak, dan keselarasan dengan tujuan.
  • Kelola proyek inovasi mulai dari konsep hingga implementasi.
  • Identifikasi teknologi atau tren baru untuk peluang inovasi potensial.
  • Menilai dan memitigasi risiko yang terkait dengan proyek inovasi.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang manajemen, inovasi, dalam industri yang relevan atau bidang terkait.
  • Gelar Sarjana dari semua jurusan, dengan preferensi diberikan pada jurusan berikut: Manajemen atau Teknik Industri.
  • IPK minimal 3,25.
  • Kesediaan untuk mempelajari hal-hal baru dan keterampilan interpersonal yang baik.
  • Pemahaman yang kuat tentang proses dan metodologi inovasi.
  • Kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dan membangun hubungan antar tim dan departemen.
  • Keakraban dengan teknologi dan tren baru yang relevan dengan industri organisasi.

BACA JUGA:Lowongan Kerja: 26 Posisi Jabatan di Rekrutmen Subholding BUMN (Shipping & Marine Logistic) Ini Syaratnya

BACA JUGA:6 Keistimewaan Perkutut Putih 2024, Tenyata Penarik Rezeki, Cek Disini?

7. Instructor Operator

Tugas:

  • Merancang dan melaksanakan program pelatihan untuk pengoperasian alat berat, termasuk buldoser, ekskavator, loader, dan dump truck.
  • Melakukan pengajaran di kelas, pelatihan praktis langsung, dan sesi simulator untuk mengajarkan teknik pengoperasian peralatan, prosedur keselamatan, dan praktik terbaik.
  • Tunjukkan teknik pengoperasian peralatan dan prosedur keselamatan yang benar, termasuk inspeksi pra-operasi dan protokol darurat.
  • Mempertahankan pengetahuan terkini tentang teknologi dan teknik alat berat, memasukkan perkembangan baru ke dalam kurikulum dan metode pelatihan.
  • Berkolaborasi dengan instruktur dan staf lain untuk mengembangkan dan melaksanakan program pelatihan alat berat yang komprehensif.

Persyaratan:

  • Pengalaman minimal 3 tahun di bidang Operator Instruktur
  • Gelar Minimum Diploma di bidang Teknik Mesin, atau bidang terkait lainnya.
  • IPK minimal 3,00
  • Pengetahuan dan latar belakang mekanik yang kuat, dengan pengalaman di lingkungan industri atau lingkungan manufaktur.
  • Semangat untuk berbagi pengetahuan di ruang kelas dan membangun program yang menyampaikan pengetahuan teknis tentang cara mengoperasikan alat berat beserta pengetahuan konten inti seperti keselamatan dasar, keterampilan komunikasi, dan gambar konstruksi.
  • Keterampilan komunikasi yang baik, sikap dan sikap profesional serta kemauan untuk membantu orang lain mencapai potensi penuh mereka.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

8. Internal Audit

Tugas:

  • Membuat laporan audit, mengumpulkan dan menyusun bukti audit, termasuk analisis data, wawancara, dan tinjauan dokumen, untuk mendukung temuan.
  • Menilai dan menilai kinerja fungsi operasi, keuangan, dan akuntansi untuk menentukan efisiensi dan efektivitasnya.
  • Memantau pelaksanaan rekomendasi audit dan melacak tindakan remediasi yang diambil oleh manajemen.
  • Mengembangkan rencana audit komprehensif yang menguraikan tujuan, ruang lingkup, dan metodologi untuk pemeriksaan pengendalian internal secara menyeluruh
  • Berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lintas departemen untuk mengkomunikasikan tujuan audit, temuan, dan rekomendasi secara efektif

Persyaratan:

  • Freshgraduate atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang Auditor, Akuntansi, Keuangan, Risiko atau bidang terkait lainnya.
  • Minimal gelar Sarjana Akuntansi, Ekonomi, Manajemen.
  • IPK minimal 3,25
  • Perhatian terhadap detail sangat penting, bersama dengan keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang kuat.

BACA JUGA:Lowongan Kerja: Lion Air Group Ajak Bergabung Lulusan SMA Sederajat Kuota 200 Kandidat, Tertarik?

BACA JUGA:Lowongan Kerja: PT Bank Negara Indonesia Buka Program Bina BNI Kantor Wilayah 12

9. Mineral Engineer (Mandarin Speaker)

Tugas:

  • Mengembangkan dan menerapkan strategi untuk memperluas kehadiran perusahaan di industri mineral, termasuk rencana masuk pasar dan strategi akuisisi klien
  • Memupuk hubungan dengan para pemangku kepentingan, termasuk perusahaan pertambangan, lembaga pemerintah, dan investor, untuk menjajaki peluang kemitraan.
  • Analisis data geologi, laporan eksplorasi, dan intelijen pasar untuk mengidentifikasi lokasi penambangan potensial dan peluang investasi.
  • Memberikan dukungan teknis dan keahlian untuk inisiatif pengembangan bisnis, termasuk menafsirkan data geologi, menilai sumber daya mineral, dan mengoptimalkan proses penambangan.
  • Menilai kelayakan teknis dan kelayakan ekonomi proyek eksplorasi dan pertambangan mineral, dengan mempertimbangkan karakteristik geologi, estimasi sumber daya, dan persyaratan peraturan.

Persyaratan

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 3 tahun di bidang terkait
  • Minimum gelar Master di bidang Metalurgi, Geologi, Teknik Pertambangan, Mineral atau bidang terkait.
  • IPK minimal 3,25
  • Lancar berbahasa Inggris, mampu menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan korespondensi
  • Mampu berbahasa Mandarin, bisa dibilang menjadi nilai plus.
  • Keterampilan kerja tim dan komunikasi yang kuat, pemikiran proaktif, pembelajaran yang kuat, dan kemampuan adaptasi
  • Pengalaman menangani ekspansi bisnis end-to-end
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

10. MT Parts Department Head

Tugas:

  • Mengelola dan meningkatkan penjualan suku cadang dan inventaris untuk mencapai hasil yang ditargetkan
  • Memastikan ketersediaan suku cadang untuk menunjang kebutuhan operasional pelanggan
  • Mempersiapkan dan memelihara perencanaan permintaan suku cadang termasuk analisis, evaluasi, rekomendasi, pemeliharaan, dan peningkatan tingkat inventaris suku cadang melalui berbagai saluran distribusi
  • Mengembangkan dan menerapkan kebijakan dan prosedur untuk memastikan fungsi departemen suku cadang yang efisien dan efektif.
  • Terus ikuti perkembangan dinamika pasar untuk mengidentifikasi peluang penjualan produk perusahaan.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang Engineer atau bidang terkait lainnya
  • Minimal gelar Sarjana Teknik atau jurusan lain yang relevan
  • IPK minimal 3,25
  • Kerja tim yang kuat dengan komunikasi dan keterampilan interpersonal yang sangat baik
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

BACA JUGA:Lowongan Kerja: PT Pertamina Training & Consulting (PTC) Buka 3 Posisi Jabatan dan Penempatan Kualifikasinya..

BACA JUGA:Banyak Benefit-nya Bank Syariah Pertama Indonesia Ini Buka Lowongan Kerja Penempatan 8 Kantor Cabang

11. MT Service Department Head

Tugas:

  • Mengembangkan dan menerapkan kebijakan dan prosedur untuk memastikan fungsi departemen yang efisien dan efektif.
  • Merencanakan dan mengoordinasikan kegiatan layanan, termasuk penjadwalan, penempatan staf, dan kontrol kualitas.
  • Menjamin kepuasan pelanggan yang tinggi melalui pemberian layanan berkualitas.
  • Mengevaluasi kinerja departemen dan menerapkan perbaikan yang diperlukan.
  • Membina dan memelihara hubungan positif dengan pelanggan dan pemangku kepentingan internal.

Persyaratan

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang manajemen pelayanan atau bidang terkait
  • Minimal gelar Sarjana di bidang teknik mesin atau teknik elektro
  • IPK minimal 3,25
  • Pengetahuan tentang perangkat lunak dan perangkat keras manajemen layanan
  • Keterampilan kepemimpinan dan pengambilan keputusan yang kuat
  • komunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal
  • Kemampuan untuk mengelola berbagai prioritas dan bekerja di bawah tekanan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

12. People Development

  • Tugas:
  • Mengevaluasi perilaku dan kompetensi manajemen saat ini,
  • Rancang dan laksanakan program pelatihan, lokakarya, dan peluang pendidikan untuk mengatasi kekurangan keterampilan dan kebutuhan pengembangan dalam organisasi.
  • Identifikasi kebutuhan pelatihan melalui penilaian, evaluasi kinerja, dan mekanisme umpan balik.
  • Menetapkan dan mengawasi sistem manajemen kinerja, termasuk penetapan tujuan, mekanisme umpan balik, dan proses penilaian kinerja.
  • Berkolaborasi dengan pimpinan senior dan mitra SDM untuk menyelaraskan inisiatif pengembangan sumber daya manusia dengan tujuan dan prioritas organisasi.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 2 tahun di bidang sumber daya manusia, pelatihan dan pengembangan, lebih disukai di lingkungan perusahaan.
  • Minimal gelar Sarjana Psikologi, Manajemen, dan Insinyur Industri atau bidang terkait.
  • IPK minimal 3,25
  • Harus dapat bekerja secara kolaboratif dengan berbagai departemen dalam organisasi dan memiliki semangat untuk mengembangkan sumber daya manusia dan meningkatkan kinerja.

BACA JUGA:6 Mitos Burung Perkutut Putih, Nomor 1 Pembawa Kekayaan dan Rezeki, Benarkah?

BACA JUGA:4 Rekomendasi Kantin Kampus Terbaik di Indonesia, Sertifikasi Halal dan Ada Makanan Khas Thailand Lho

13. Secretary

Tugas:

  • Memberikan dukungan administratif yang komprehensif termasuk mengelola korespondensi, menjadwalkan janji temu, dan menangani panggilan telepon.
  • Mengkoordinasikan dan mengelola kalender untuk eksekutif atau anggota tim, menjadwalkan pertemuan, janji temu, dan pengaturan perjalanan sesuai kebutuhan.
  • Memfasilitasi komunikasi yang efektif antara eksekutif, anggota tim, klien, dan pemangku kepentingan lainnya, memastikan informasi yang jelas dan akurat.
  • Membantu penyusunan agenda rapat, materi, dan presentasi, serta membuat notulen rapat bila diperlukan.
  • Tangani tugas administratif seperti memproses laporan pengeluaran, mengelola faktur, dan mengoordinasikan pemeliharaan dan perbaikan kantor sesuai kebutuhan.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman minimal 3 tahun dalam peran pendukung administratif, lebih disukai sebagai sekretaris, dalam industri atau organisasi yang relevan atau bidang terkait.
  • Gelar Diploma dari semua jurusan, dengan preferensi diberikan pada jurusan berikut: Manajemen, Administrasi, Komunikasi.
  • IPK minimal 3,25
  • Menunjukkan kemampuan untuk mengelola banyak tugas secara efisien, memprioritaskan tanggung jawab, dan memenuhi tenggat waktu dalam lingkungan yang bergerak cepat.
  • Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat, dengan kemampuan menulis korespondensi, email, dan laporan yang jelas dan profesional.

14. Wind Engineer

Tugas:

  • Memiliki tanggung jawab dalam melakukan Studi Kelayakan, Perencanaan dan Desain, Manajemen Proyek, dan Evaluasi Lingkungan untuk dapat mengembangkan dan memastikan operasional dapat dilaksanakan dengan tepat dan efisien.
  • Mengembangkan dan menerapkan strategi untuk memperluas kehadiran perusahaan di sektor energi angin, termasuk rencana masuk pasar dan strategi akuisisi klien.
  • Identifikasi dan evaluasi proyek energi angin potensial, termasuk pemilihan lokasi, penilaian sumber daya, dan analisis kelayakan
  • Membangun dan memelihara hubungan dengan pemangku kepentingan utama, termasuk pemilik tanah, masyarakat, dan kelompok advokasi, untuk mengatasi kekhawatiran dan mendapatkan dukungan untuk proyek energi angin.
  • Melakukan analisis keuangan, termasuk estimasi biaya proyek, proyeksi pendapatan, dan hasil investasi, untuk mengevaluasi kelayakan finansial proyek energi angin.

Persyaratan:

  • Lulusan baru atau pengalaman maksimal 5 tahun di bidang terkait.
  • Minimal gelar Master di bidang Teknik Elektro dan Teknik Mesin.
  • IPK minimal 3,00
  • Lancar berbahasa Inggris, mampu menggunakannya dalam percakapan sehari-hari dan korespondensi.
  • Keterampilan kerja tim dan komunikasi yang kuat, pemikiran proaktif, pembelajaran yang kuat, dan kemampuan adaptasi.
  • Pengalaman menangani ekspansi bisnis end-to-end.
  • Memiliki pengalaman dasar yang kuat dalam memahami mekanisme energi angin, Desain dan Rekayasa, hingga sistem Aerodinamika dan Dinamika Fluida di PLTB.
  • Kesediaan untuk bepergian keliling Indonesia.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Bank Swasta Terbesar Indonesia PT Bank Central Asia Tbk

BACA JUGA:Lowongan Kerja Perusahaan Tambang Emas PT Amman Mineral Nusa Tenggara

Link Apply

1. After Sales Consultant

2. Business Consultant / Sales Representative (Mandarin Speaker)

3. Corporate Legal Associate

4. Data Science (AI Engineer)

5. Hydro Engineer

6. Innovation Management

7. Instructor Operator

8. Internal Audit

9. Mineral Engineer (Mandarin Speaker)

10. MT Parts Department Head

11. MT Service Department Head

12. People Development

13. Secretary

14. Wind Engineer

Karena tingginya volume pelamar, kami mohon maaf karena hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan melanjutkan lebih lanjut.

Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: