Honda

Sudah Resmi WNI, Bisakah Maarten Paes Bela Timnas Indonesia Lawan Irak?

Sudah Resmi WNI, Bisakah Maarten Paes Bela Timnas Indonesia Lawan Irak?

Sudah resmi WNI, bisakah Maarten Paes bela Timnas Indonesia lawan Irak?-pssi-

PALPRES.COM - Maarten Paes, Kiper FC Dallas telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun bisakah ia memperkuat Timnas Indonesia dia dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina?

Pendaftaran pemain belum dilakukan.

Dengan begitu, besar peluang Maarten Paes bisa main saat Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Gelora Bung Karno pada 6 Juni mendatang, serta menjamu Filipina pada 12 Juni. 

BACA JUGA:Agak Laen! Ini Rangkuman Ball Possession Timnas Indonesia Selama Piala Asia U-23 2024 Hingga Semifinal

BACA JUGA:Guinea Pantang Pilih Lawan di Play Off Olimpiade, Timnas Indonesia U-23 dan Irak Sama Saja

Langkah Maarten Paes selanjutnya setelah mendapat KTP Indonesia adalah menunggu hasil sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Ini karena proses naturalisasi kiper yang merumput di Major League Soccer itu harus masuk CAS.

Sebab ia dinilai melanggar persyaratan artikel 9 ayat 2 peraturan FIFA soal pergantian asosiasi.

Paes pernah membela timnas Belanda U-21 di Piala Eropa U-21 2021 saat ia berumur 22 tahun. 

BACA JUGA:Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan Jadi Laga dengan VAR Terbanyak

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Berpotensi Lawan Argentina di Olimpiade Paris 2024, Penuhi Syarat Ini

Hal ini bertentangan dengan regulasi FIFA bahwasanya seorang pemain dapat berganti dan bermain untuk timnas lainnya jika berusia di bawah 21 tahun pada saat terakhir bermain, baik di tim junior ataupun di senior dalam laga resmi. 

Jika semuanya lancar, maka kiper yang mempunyai darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur itu berpeluang meramaikan pos penjaga gawang Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang saat ini kerap diisi Ernando Ari Sutaryadi. 

Pada dua laga itu, Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan akan lebih dekat dengan pesta sepak bola dunia yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. 

Adapun di MLS musim ini, Maarten yang memiliki tinggi 1,92 meter selalu tampil penuh dari sembilan laga Dallas dengan catatan tiga cleansheets.

BACA JUGA:Justin Hubner Absen Bela Timnas Indonesia U-23 vs Irak di Perebutan Tempat Ketiga Piala Asia U-23, Benarkah?

Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah merampungkan pengambilan sumpah menjadi warga Indonesia di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Selasa 39 April 2024. 

Dikutip dari laman resmi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Selasa, ia terlihat menggunakan jas hitam dengan kemeja putih dan dasi merah, serta menggunakan peci hitam saat pengambilan sumpah WNI. 

Proses pengambilan sumpah WNI ini dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Andika Dwi Prasetya. 

Andika saat memimpin pengambilan sumpah mengatakan "Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara". 

Resmi menjadi WNI, Paes mengaku sangat bangga dan menganggap ini momen besar baginya.

“Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia. Saya sangat bangga, dan tidak sabar untuk memulai bermain [bersama timnas senior],” kata Paes dilansir laman resmi PSSI.

“Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti. Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin, serta memberikan dampak di dalam dan di luar lapangan. Saya juga ingin menjadi contoh (teladan) bagi generasi yang lebih muda,” lanjut kiper berusia 25 tahun itu. 

Dalam kesempatan yang sama, Paes juga merasa terkesan dengan penggemar sepakbola di Indonesia. 

Ia melihat antusiasme tinggi masyarakat dari pagelara Piala Asia U-23 2024.

“Para penggemar di Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal yang saya tahu, dan mereka orang-orang yang penuh dengan semangat. Bisa dilihat, di Piala Asia U-23 saat ini, bagaimana mereka memberikan dukungan kepada timnas, bahkan hingga di luar stadion,” imbuh Paes.

Setelah Paes menyandang status WNI, dua pemain lainnya akan segera menyusul, yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven. 

Kedua pemain ini juga sudah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Jakarta bersama Paes.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus menambah kekuatan tim nasional. Hari ini (kemarin) Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen, dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi,” beber Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: