Honda

Kapolda Sumsel Gelar Rapat Pembersihan Lahan HGU PT Bumi Sawindo Permai di Wilayah IUP PTBA

Kapolda Sumsel Gelar Rapat Pembersihan Lahan HGU PT Bumi Sawindo Permai di Wilayah IUP PTBA

Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi memimpin langsung rapat pimpinan. Rapat berlangsung di Ruang Vicon Lt. 2 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Pale-humas polda sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, SIK didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M. Zulkarnain, SIK, MSi memimpin langsung rapat pimpinan. rapat berlangsung di Ruang Vicon Lt. 2 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang Rabu 8 Mei 2024.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH, MSi saat dimintai keterangan mengatakan agenda penting dalam rapat tersebut terkait rencana pembersihan lahan (land clearing). Rencana pembersihan di lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Bumi Sawindo Permai (BSP) yang masuk dalam wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi PT. Bukit Asam Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul seluas 34 Ha oleh PT. Bukit Asam.

“Kapolda Sumsel memberikan arahan kepada jajaran, terkait beberapa hal penting.

Serta mendengarkan penyampaian dan informasi dari Kapolres Muara Enim serta PJU Polda Sumsel,” terangnya. 

BACA JUGA:Kapolres OKU dan Bhayangkari Distribusikan Bantuan Kapolda Sumsel Menggunakan Perahu

BACA JUGA:Dirlantas Ungkap Permasalahan Lalu Lintas di Palembang, Populasi Kendaraan Salah Satu Penyebabnya

Selanjutnya Kapoda menekankan kepada Satwil jajaran dalam antisipasi Libur Panjang dan Kesiapsiagaan personel jajaran Polda Sumsel dalam menghadapi libur panjang. 

“Personel jajaran Polda Sumsel dalam menganisipasi dan menghadapi libur panjang terkait Harkamtibmas,” ujarnya. 

Selain itu Kapolda juga menekankan ke jajarannya setelah hasil sidak ke Polrestabes Palembang guna mengecek kesiapsiagaan personel yang piket. 

“Juga perketatan pengamanan di Mako dan kehadiran Polri di tengah kegiatan masyarakat,” katanya. 

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Kirim Bantuan Sembako Bagi Korban Banjir di Baturaja OKU

BACA JUGA:Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Sumsel Ikuti HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke 44 Secara Virtual

Lebih lanjut menurut Suparlan, Kapolda menekankan masalah Harkamtibmas selama libur panjang serta pengamanan kegiatan masyarakat selama libur panjang. 

“pengamanan ini termasuk di pusat hiburan, tempat wisata, dan area rawan seperti jembatan yang rentan ambruk,” tuturnya. 

Dalam arahannya Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo juga menekankan kepada Satwil untuk bisa monitoring Proyek Strategis Nasional dan permasalahannya di lapangan.

“Satwil harus bisa memonitoring di antaranya antisipasi terhadap pungli, kendala ganti rugi lahan, dan penanganan setiap permasalahan yang muncul terkait proyek strategis nasional,” jelasnya. 

BACA JUGA:59 Personel Polda Sumsel dan Jajarannya Tunaikan Ibadah Haji Tahun 2024

BACA JUGA:23 Proyek Strategis Nasional Jadi Atensi Polda Sumsel, Kapolda Sumsel: Jaga Agar Tidak Timbulkan Gejolak

Kapolda juga mengatakan dalam upaya penanganan banjir, serta bantuan dan juga kehadiran Polri di tengah masyarakat terdampak banjir sangat penting.

Begitu juga dengan halnya memastikan informasi dan aksi cepat tanggap terhadap kejadian tersebut.

Tak lupa Kapolda juga menekankan antisipasi permasalahan sosial terkait mengatasi masalah-masalah sosial seperti peredaran narkoba terkait dengan aktivitas hiburan masyarakat, serta penanganan konflik potensial di wilayah.

“Pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan dalam setiap proses pembersihan lahan serta proyek strategis nasional.

BACA JUGA:Polda Sumsel Gelar Rapat, Antisipasi Kendala Proyek Pembangunan SUTET 275 kV PLTU Sumsel 1 - GITET KV Betung

BACA JUGA:44 Pin Emas Disematkan Kapolda Sumsel pada Personel dan Masyarakat, Bentuk Apresiasi Atas Kinerja di Lapangan

Seluruh langkah yang diambil harus memperhatikan keamanan masyarakat dan menghindari potensi gangguan keamanan yang bisa muncul, pungkasnya. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Feri Handoko Soenarso, S.H., S.I.K.Karoops Polda Sumsel Kombes Pol. Muhammad Anis Prasetio Santoso, S.I.K.,M.Si.Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Iskandar F. Sutisna, S.I.K.,M.Si. Dirreskrimum Polda Sumsel Polda Sumsel Kombes Pol. Muhammad Anwar Reksowidjojo, S.H., S.I.K.Dirreskrimsus Polda Sumsel diwakili Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Bagus Suryo Wibowo, S.I.K.;

Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol. Sofyan Hidayat, S.I.K., M.M

Dansatbrimob Polda Sumsel Kombes Pol. Susnadi, S.I.K.;

Kabidhumas Kombes Pol. Sunarto,AKBP Rifka,S.I.K.,Kapolres Muara Enim (mengikutsertakan PJU terkait dan mengikuti secara virtual dari wilayah)para Kapolres/tabes jajaran Polda Sumsel mengikuti secara virtual

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: