Honda

Fashion Show Gambo Muba Pukau Pengunjung Expo HUT ke-44 Dekranas 2024

Fashion Show Gambo Muba Pukau Pengunjung Expo HUT ke-44 Dekranas 2024

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni memberikan buket bunga kepada Brilianto, desainer ternama yang bekerjasama dengan Disdagperin dan Dekranasda Muba dalam fashion show pakaian berbahan dasar Gambo Muba.-Dinkominfo Muba-

SOLO, PALPRES.COM - Produk unggulan kain jumputan Gambo Muba terus dikembangkan dan dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Muba, melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Dekranasda Muba.

Kali ini eco fashion hasil produksi UMKM binaan Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi itu tampil di fashion show dalam rangkaian HUT ke-44 Dekranas, di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis 16 Mei 2024.  

Tak ayal model yang melenggak lenggok mengenakan kain khas Muba, menjadi sorotan dan memukau para pengunjung event nasional tersebut.

Tampak hadir dalam fashion show itu Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, didampingi Ibu Tyas Fatoni selaku Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel.

BACA JUGA:Proyek Bandara Termegah di Kalimantan Timur Bikin Bupati PPU Ketar Ketir, Ternyata Ini Masalahnya

BACA JUGA:Kapolda Sumsel: Truk ODOL Ancaman Keselamatan dan Tantangan Pengawasan

Turut hadir, Ibu Kajati Sumsel Yessi Yulianto, Istri Kajari Muba Yulia Romy Rozali, Bupati Karang Anyar Jateng.

Juga hadir dalam fashion show terebut, para Bupati dalam wilayah Provinsi Sumsel,  dan Kadisdagperin Muba Azizah SSos MT.

Menariknya, para hadirin tersebut menyaksikan fashion show dengan mengenakan pakaian Gambo Muba.

Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi mengatakan, dalam even ini, Pemerintah Kabupaten Muba melalui Disdagperin dan Dekranasda Muba berkolaborasi dengan desainer ternama Brilianto.

BACA JUGA:Ratu Dewa Lantik Pengurus Dewan Pendidikan Kota Palembang, Harapan Besar Dunia Pendidikan di Masa Depan

BACA JUGA:Warga Desa Rawang Besar Ditemukan Tak Bernyawa, Adik Kandung Korban Temukan Benda Tak Terduga Ini

Dalam kesempatan itu, kolaborasi dengan Gambo Muba tersebut mampu melahirkan produk eco fashion dengan detail modern dan unik.

Tanpa meninggalkan ciri khas sebagai kain tenun jumputan khas Musi Banyuasin, yang menggunakan pewarna alam limbah getah gambir.

"Eventkali ini kita kembali mempromosikan Gambo Muba pada kalangan nasional, bahkan internasional," ucapnya disela kegiatan tersebut.

Sedangkan Kadis Dagperin Muba Azizah, S.Sos, MT, mengatakan bahwa Fashion Show pada rangkaian HUT ke-44 Dekranas ini untuk wilayah Sumatera hanya Kabupaten Muba dan Riau yang mengikuti.

BACA JUGA:CATAT! Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Bulan Juni 2024

BACA JUGA:Biografi Raden Saleh, Pelopor Seni Lukis Modern Indonesia, Inilah 5 Karya Terbaiknya

"Alhamdulillah, Gambo Muba kita bisa tampil di fashion show HUT ke-44 Dekranas. 

Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kita. 

Karena kita mampu bersaing.

Mengingat Pulau Jawa ini pusatnya batik, tapi Gambo Muba mempunyai ciri khas tersendiri," ungkapnya.

BACA JUGA:Kabar Bahagia! Ini 3 Tanda Penyakit Stroke akan Sembuh

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Hadiri Rapat Paripurna Peringatan HUT Provinsi Sumsel ke 78

Sementara Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang hadir dalam kesempatan itu, merasa bangga dengan penampilan Fashion Show Gambo Muba.

"Tentu kita sangat bangga, produk kerajinan dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Karena, mampu bersaing dengan batik-batik di Pulau Jawa," pungkasnya.

Usai menyaksikan Fashion Show Gambo Muba, Pj Gubernur Sumsel mengajak para Bupati/Walikota mengunjungi Stand Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba.

BACA JUGA:4 BLT Yang Akan Cair Mulai Dari Rp. 200.000, Bertepatan Dengan Tahun Ajaran Baru Juli Mendatang!

BACA JUGA:Baca Dulu Baru Dibeli, Ini 5 Manfaat Batu Akik Tapak Jalak Bagi Pria

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengunjungi stan asal Kabupaten Musi Banyuasin yang mengikuti Expo HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis 16 Mei 2024 

Kunjungan Pj Gubernur yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Hj Tyas Fatoni ini, disambut oleh Ketua Dekranasda Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MSi.

Dalam kesempatan itu, Agus Fatoni berkesempatan berbincang dengan salah satu pengrajin kain jumputan Gambo asal Muba yang memang diikutsertakan dalam pameran tersebut. 

Ia berpesan agar para pengrajin dapat memanfaatkan momentum even nasional ini, untuk memajukan produk kerajinan asal Provinsi Sumatera Selatan khususnya dari Kabupaten Muba.

BACA JUGA:40 Panitia Pemilihan Kecamatan Dilantik, yuk Simak Pesan Ketua KPU Lubuklinggau

BACA JUGA:Datangi Muba, Kapolda Sumsel Komitmen Penegakan Hukum Kasus Minyak Ilegal

"Ini kesempatan untuk melihat respons pengunjung terhadap produk kita, jadi manfaatkan dengan baik kesempatan ini untuk memajukan produk kita," ujarnya.

Pj Gubernur Sumsel juga menyatakan kebanggaannya, atas partisipasi Kabupaten Muba dalam rangkaian acara HUT Dekranas 2024 ini.

Dimulai dari Pameran Produk UMKM, hingga Kirab Kriya Budaya yang diikuti sebanyak 102 kendaraan hias dari 38 provinsi se-Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba