Honda

Bupati Ogan Ilir Menghadiri Business Matching 2024 di Bali

Bupati Ogan Ilir Menghadiri Business Matching 2024 di Bali

Bupati Ogan Ilir Menghadiri Business Matching 2024 di Bali--

PALPRES.COM- Kamis 7 Maret 2024, Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar datang ke Bali untuk menghadiri acara Business Matching 2024 tepatnya di The Meru Sanur, Denpasar.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, serta hadir pula secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Acara ini bertajuk "Kemandirian Produk Dalam Negeri Menuju Indonesia Emas". Dimana acara ini digagas oleh Kementerian Perindustrian sebagai upaya untuk memperkenalkan dan mendukung produk nasional.

Selain itu, meningkatan pembelian dan pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN) dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

BACA JUGA:Pemkab Banyuasin Raih Opini WTP Ke-13 dari BPK RI, Pj Bupati Hani Syopiar Sampaikan Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, terdapat lima sektor yang diberi perhatian khusus yaitu sektor konstruksi, sektor kesehatan, sektor pertahanan, sektor transportasi, sektor pertanian dan perkebunan.

Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku jika dalam kegiatan Business Matching 2024 ini tercatat realisasi penyerapan produk dalam negeri mencapai Rp213,68 triliun.

Menurutnya angka tersebut berasal dari realisasi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sebesar Rp146,94 triliun, serta BUMN sebesar Rp66,74 triliun. 

"Nilai angka ini lebih tinggi, bila dibandingkan pada capaian  tahun lalu hanya mencapai Rp181 triliun. Jumlah ini masih akan terus bertambah dan diharapkan dapat mencapai Rp 250 triliun di akhir triwulan I/2024," ungkapnya.

 

Bupati Panca mengatakan, Pemerintah Ogan Ilir siap bersinergi dalam business matching 2024 khususnya di tingkat daerah dengan tema kemandirian produk dalam negeri menuju indonesia emas sesuai instruksi pemerintah pusat.

Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi atas komitmen semua pihak untuk mendorong aksi afirmasi belanja produk dalam negeri dalam rangka mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. 

Namun perlu diingat, agar kegiatan belanja produk dalam negeri ini jangan hanya menghabiskan anggaran saja. Akan tetapi, setiap anggaran yang dikeluarkan untuk belanja produk dalam negeri ini harus yang berkualitas dan efisien. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: