Honda

4 Syarat yang Harus Dipenuhi Agar Pemilik Kartu BPJS Kesehatan KIS Bisa Dapat Bansos BPNT

4 Syarat yang Harus Dipenuhi Agar Pemilik Kartu BPJS Kesehatan KIS Bisa Dapat Bansos BPNT

Salah satu potret pencairan bansos BPNT melalui ATM di Agen Brilink--Instagram @bansospangan_kampuas2020

PALPRES.COM - Pemilik kartu BPJS Kesehatan KIS PBI Bisa mendapatkan bansos BPNT Pada Tahap mendatang asalkan masuk dalam 4 kriteria yang telah ditentukan.

Sejak Maret lalu pemerintah melalu Kemensos RI, berupaya untuk melakukan penyaluran bansos kepada 18.8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT BPNT Sembako yang tersebar diseluruh tanah air. 

Penyaluran itupun telah dinyatakan hampir 100 persen, dan sampai dengan termin (gelombang) 8.

Dimana penyaluran bantuan masih disalurkan melalu bank himbara, dan kantor pos.

Bansos BPNT yang sekarang sering disebut dengan bansos sembako akan kembali dicairkan untuk 3 bulan Rp. 600.000,- terhitung dari April, Mei, dan Juni untuk 83 kabupaten atau kota yang masuk kedalam akses sulit yang pencairanya melalui PT.Pos. 

BACA JUGA:Simak Cara Dapat Bansos Pangan 10 Kg, PKH, BPNT, dan BLT MRP, Pemilik KK Bisa Dapat!

BACA JUGA:Pemilik KIS PBI Segera Cek Namamu Pada Laman Cekbansos, Dana PKH Tahap 3 Bisa Didapat Segera

Sesuai juknis, penyaluranya akan ditargetkan paling cepat Mei, dan paling lambat Juni.

Sedangkan untuk penyaluran ke 431 kabupaten atau kota dengan akses mudah penyaluran telah dilakukan ke rekening masing-masing penerima sejak awal Mei lalu.

Sampai dengan sekarang penyaluran masih terus berlangsung Rp. 400.000,- untuk anggaran Maret, dan April untuk temrin lanjutan.

Seperti diketahui,  besaran bantuan BPNT Sembako ini Rp. 200.000 per bulan selama 12 bulan dengan total Rp. 2.400.000 per tahun/KPM. Dengan dua cara pengambilan. Melalui PT.Pos.

BACA JUGA:3 BLT Cair Juni Mendatang, Per KK Bisa Dapat Dana Bansos Dobel, Simak Cara Dapatnya Disini!

BACA JUGA:Operasional Sejak 1978, Inilah Jalan Tol Tertua di Indonesia

Teknis pengambilannya, KPM akan dibagikan surat undangan yang berisikan data diri mereka, nominal bantuan yang diterima, serta barcode yang akan di scan pada aplikasi milik PT.POS nantinya yang ada di wilayah mereka tinggal. Penyaluran dengan metode ini sudah berjalan selama 2 tahun sejak 2022 lalu.

Hal ini dikarenakan, pemerintah dalam hal ini Kemensos ingin mengurangi kecurangan terhadap dana bansos. Kedua, penyaluran dengan melalui KKS yang merangkap ATM.

Pengambilan bansos BPNT Sembako ini bisa dilakukan dimana saja, asalkan ATM tidak terblokir, dan diketahui nomor pin-nya.

Adapun tujuan dari pemberiaan bansos yang sekarang tidak lagi berbentuk paketan sembako, akan tetapi berbentuk uang tunai langsung untuk mengurangi angka stunting didalam keluarga Indonesia, serta pemenuhan gizi keluarga.

BACA JUGA:LEBIH KEREN! Begini Spesifikasi Dari Mobil Honda Civic 2025

BACA JUGA:5 Mobil Bekas Merek Ini Dicari KoIektor dan Dihargai Tinggi, Cek Faktanya!

Jadi meskipun berbentuk uang tunai, dipastikan tetap dibelikan kebutuhan pokok. Dalam hal ini, beras, sayur, buah, ataupun lauk-pauk.

Nah bagi kamu yang ingin mengetahui apakah kamu masuk kedalam penerima bansos BPNT Sembako, kamu bisa langsung log in di website www.cekbansos.go.id.

Disitu akan tampil data dirimu beserta dengan bantuan apa saja yang didapat.

Beserta keterangan dimana penyaluranya dilaksanakan, dan periode penyaluran bantuanya.

Cara selanjutnya kamu bisa meminta pihak terkait seperti Dinsos, operator desa atau kelurahan, maupun pendamping sosial untuk mengecek apakah kamu masuk didalam daftar penerima bansos ini melalui website www.siks.kemensos.go.id. 

BACA JUGA:5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik, Pemula Auto Mahir, Tertarik Coba?

BACA JUGA:Israel Tantang Mahkamah Internasional! Serang Sporadis Rafah Palestina

Untuk pemilik KIS juga bisa mendapatkan bantuan bansos BPNT Sembako bulan ini, dengan segera penuhi 4 syarat ini. Pertama, Kartu Keluarga Yang Masuk Di DTKS.

Dikarenakan data kemiskinan yang dipakai oleh Kemensos adalah DTKS dan merupakan daftar tunggu dari segala penerima bansos yang nantinya ditetapkan sebagai Keluarga Penerimaa Manfaat (KPM).

Kedua, memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sekaligus ATM.

Kartu tersebut adalah sebagai bukti atau identitas sebagai peserta bansos regular PKH yang juga merangkap kartu ATM untuk mencairkan dana bansos milik penerima.

BACA JUGA:Cuma Rp 5 Juta, Simak 7 Tipe Hp Samsung yang Punya Spesifikasi Keren

BACA JUGA:Sony Xperia 1 VI, Kamera 52 MP dan Snapdragon 8 Gen 3, Janjikan Hasil Foto Lebih Tajam, dan Detail!

Ketiga, memiliki Kartu Keluarga dan NIK Yang Online, Tidak Ganda, Dan Padan Dukcapil, serta SIK-NG.

Pastikan NIK sudah online dan tidak ganda  (satu Nik dimiliki dua orang), serta semua data pengurus ataupun anggota keluarga harus padan dan terkonsolidasi didalam data Dukcapil, dan DTKS.

Ketiga, masuk kedalam penambahan kuota.

Apabila kamu sudah masuk ke dalam DTKS, dimohon untuk bersabar karena menunggu adanya kuota kurang yang untuk melengkapinya diambil dari data daftar tunggu Kemensos by system.

BACA JUGA:Cuma Rp 5 Jutaan! Intip Spesifikasi Dari Realme 12 Series 5G yang Punya Kamera Jernih Banget

BACA JUGA:5 Kecamatan Terpanas di Purworejo, Nomor 1 Warganya Wajib Minum Es Setiap Hari

Terus berdoa, dan jangan patah semangat jika belum dapat.

Keempat, Pastikan dirimu adalah keluarga miskin, dan kurang mampu yang tidak bekerja sebagai karyawan swasta bergaji bulanan UMR, ASN/TNI/Polri aktif maupun pensiunan. 

 

 

 

 

  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: