Honda

Besok GovTech Diluncurkan, Langkah Akselerasi Transformasi Digital Indonesia

Besok GovTech Diluncurkan, Langkah Akselerasi Transformasi Digital Indonesia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas saat menjelaskan terkait rencana launching Government Technology atau GovTech oleh Presiden RI besok.-Kementerian PANRB-

JAKARTA, PALPRES.COMGovernment Technology (GovTech) Indonesia, besok 27 Mei 2024 akan diluncurkan oleh Presiden RI di Istana Negara.

Bersamaan dengan peluncuran GovTech, juga akan digelar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit. 

Demikian dijelaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, dalam konferensi pers di  Jakarta, Minggu 26 Mei 2024.

Menurut Menteri Abdullah Azwar Anas, semangat keterpaduan harus menjadi cara-cara baru yang meninggalkan budaya satu inovasi satu aplikasi, yang mengakibatkan ribuan aplikasi di berbagai instansi pemerintahan.

BACA JUGA:5 HP Samsung Dengan Ukuran Layar Dibawah 6 Inci, Meskipun Kecil Spesifikasi dan Desain Tak Kalah Keren

BACA JUGA:Batu Akik Pirus Asli Atau Palsu, Begini Cara Membedakannya

Dengan banyaknya aplikasi ini, menurut  Menteri Abdullah Azwar Anas, pada akhirnya menjadi sulit diinteroperabilitaskan untuk menjadi lebih sederhana dan berguna dalam melayani masyarakat. 

“Sehingga GovTech yang akan diluncurkan Bapak Presiden besok ini bukan aplikasi atau platform.

Tetapi penyelenggara keterpaduan layanan, karena selama ini instansi pemerintah memiliki layanan sendiri-sendiri yang membuat masyarakat harus mengunduh banyak aplaplikasi,” jelas Anas. 

Disamping acara peluncurkan tersebut, menurut Menteri Anas, juga ada acara SPBE Summit yang merupakan momentum dalam mendorong perkembangan layanan digital pemerintah berbasis pada kebutuhan masyarakat atau citizen centric. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 4 Larangan Saat Hari Raya Kurban yang Harus Kamu Tinggalkan

BACA JUGA:Inilah Ciri Khas dan Corak Batu Akik Ketarau Muratara, Keindahannya Sungguh Mempesona

Adapun rangkaian acara pada SPBE Summit 2024, yakni Peluncuran jenama (brand) penyelenggara keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah Indonesia.

Srta memperkenalkan rencana integrasi portal pelayanan publik dan portal administrasi pemerintahan. 

Selanjutnya akan dilakukan penandatanganan komitmen pimpinan instansi Kementerian/Lembaga, yang bertanggung jawab atas sembilan layanan SPBE prioritas. 

Selanjutnya, ada sesi penghargaan anugerah “Digital Government Award” kepada instansi pusat dan pemerintah daerah dengan pencapaian SPBE terbaik pada enam kategori penerapan SPBE.

BACA JUGA:Berikut 7 Bahan Obat Alami Untuk Mengobati Malaria yang Mudah Kalian Didapatkan di Rumah

BACA JUGA:Ini loh 7 Bahan Alami yang Ampuh Mengobati Sakit Gigi, Wajib Dicoba ya!

Mulai dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kota, dan Peningkatan Penerapan SPBE. 

“Terakhir, SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia nantinya kita memasuki tahapan baru Indonesia yang lebih mudah, cepat, transparan, bebas dari korupsi dan  fokus pada kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: