Honda

Semangat Petugas Embarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 14, Siap Beri Pelayanan Terbaik

Semangat Petugas Embarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 14, Siap Beri Pelayanan Terbaik

Semangat Petugas Embarkasi Palembang Sambut Jemaah Haji Kloter 14, Siap Beri Pelayanan Terbaik--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Palembang menyambut kedatangan 444 jemaah haji  kloter 14 asal Kabupaten Lahat dan Kota Palembang di Aula Asrama Haji Sumsel, Rabu 29 Mei 2024.

Sama seperti kloter-kloter sebelumnya, jemaah kloter 14 mengikuti prosesi penerimaan di Aula Asrama Haji.

Seperti pembagian kartu akomodasi, pembagian gelang identitas, penyerahan living cost sebesar 750 riyal per jemaah, serta pemeriksaan kesehatan.  

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil mengungkapkan, tahun 2024 ini Kemenag kembali mengusung semangat memberikan layanan terbaik bagi jemaah.

BACA JUGA:Kemenag Imbau Jemaah Haji Sumsel Utamakan Amalan Sunnah Ramah Kesehatan

BACA JUGA:Memasuki Pekan ke-2 Keberangkatan Haji, Garuda Indonesia Masih Sering Alami Keterlambatan

Khususnya mereka yang lansia dengan tagline Haji Ramah Lansia.

Tidak hanya itu, tercakup di dalamnya adalah jemaah disabilitas.

“Ada sejumlah kemudahan (rukhsah) bagi jemaah lansia dalam menjalani rangkaian ibadah hajinya. Sebagai contoh adalah shalat di hotel atau masjid terdekat hotel. Shalat bagi jemaah lansia, risiko tinggi dan disabilitas bisa dilakukan di mana saja di Tanah Haram baik di hotel atau di masjid terdekat. Mereka tetap mendapatkan keutamaan pahala shalat sebagaimana di Masjidil Haram,” jelas Armet. 

Armet berpesan jika suasana sangat ramai dan berdesak-desakan, lebih baik menjaga diri agar tidak sampai terdesak atau tersakiti oleh orang lain.

BACA JUGA:WHO Terkendala Pengiriman Pasokan Medis ke Gaza, Imbas Serangan Militer Israel ke Rafah

BACA JUGA:Kemenag Luncurkan Aplikasi Kawal Haji, Apa Saja Manfaat dan Fitur Unggulannya?

Jemaah lansia memang membutuhkan penanganan khusus dan penting untuk memahami kondisi, serta disosialisasikan bagaimana menjaga kesehatan ketika melaksanakan ibadah 

“Rukhsah mempermudah jemaah lansia dan jemaah kategori resiko tinggi. Insya Allah jemaah terlayani dengan baik sesuai apa yang diharapkan. Panitia di Arab Saudi sudah memahami tugas dan fungsinya masing-masing,” jelas Armet. 

Armet menambahkan, Embarkasi Palembang hingga saat ini telah memberangkatkan 5.830 jemaah dengan rincian 4.656 dari Sumsel, 1.109 dari Bangka Belitung, dan 65 petugas kloter.

Jemaah gelombang pertama saat ini sebagian besar sudah berada di Mekkah setelah delapan hari di Madinah. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, 102.104 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci

BACA JUGA:Pengalaman Pertama, Hampir 99 Persen Jemaah Gelombang 1 Belum Pernah Berhaji

“Hari ini giliran kloter 7 yang akan bergerak menuju Mekkah. Sedangkan kloter 1 sampai 6 sudah berada di Mekkah. Jadi tinggal dua kloter lagi di Madinah, yakni kloter 8 dan 9. Alhamdulilah, informasi yang kita terima jemaah Embarkasi Palembang dalam kondisi sehat, tidak ada kendala berarti,” tuntas Armet. 

Jemaah haji diminta mengurangi amalan sunnah yang dapat menguras fisik seperti umrah sunnah berulang dan ziarah Mekkah sekitarnya.

Ini penting agar kondisi fisik dan kesehatan jemaah terjaga hingga puncak haji mendatang. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Indonesia dari Madinah dan Tanah Air Tiba di Makkah, Ini Pelayanan yang Disiapkan untuk Lansia

BACA JUGA:Garuda Indonesia Minta Maaf, Janji Akan Beri Kompensasi Kepada Jemaah Haji

Perbanyaklah ibadah sunnah yang ramah kesehatan seperti shalat sunnah di masjid sekitar hotel, i’tikaf di masjid sekitar hotel, tilawah al Quran, serta perbanyak infaq dan sedekah.

 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: