Honda

Arena Rakernas Apeksi, Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa: Sangat Mendukung Intruksi Presiden

Arena Rakernas Apeksi, Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa: Sangat Mendukung Intruksi Presiden

Arena Rakernas Apeksi Pj Wako Lubuklinggau H Trisko Defriyansa: Sangat Mendukung Intruksi Presiden--

BALIKPAPAN, PALPRES.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota yang matang guna menghadapi tantangan masa depan, di mana 70 persen penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan pada tahun 2045.

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa dunia akan menghadapi situasi serupa dengan 80 persen penduduk tinggal di perkotaan pada tahun 2050.

"Beban kota akan sangat berat. Oleh sebab itu, setiap Pemerintah Kota di Indonesia harus memiliki perencanaan detail kota," tegasnya dihadapan seluruh Walikota se Indonesia yang menghadiri kegiatan Rakernas APEKSI di kota Balikpapan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Inginkan UMKM Sumsel Dapat Bersaing di Tingkat Internasional

Presiden Jokowi menambahkan bahwa kota-kota besar di Eropa yang mencekam harus dijadikan contoh agar hal tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Menurutnya, kota yang baik ke depan adalah kota yang ramah pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, perempuan, dan anak, serta ramah lingkungan.

"Kota itu harus green, smart, dan friendly atau nyaman untuk siapa saja," tegasnya.

Sementara, Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa yang hadir langsung pada kegiatan tersebut sangat mendukung apa yang dilakukan melalui forum apeksi, kemudian apa yang diitruksikan oleh Presiden dalam arahannya.

BACA JUGA:Sempat Tutup Pasca Blackout Listrik, Hari Ini Pelayanan Bank Mandiri Cabang Sekayu Kembali Normal

Dia juga berharap dari 98 kota agar dapat bersama berkolaborasi saling membantu program antar anggota APEKSI itu sendiri. 

“Kepada pemerintah pusat agar dapat juga memberikan bantuan kepada pemerintah kota dalam mewujudkan kota sebagai sentral kehidupan  masyarakat  mendatang yang nyaman, dan ramah lingkungan untuk  ditempati  dan kedepan kota memiliki keunggulan masing-masing, guna terwujudnya kota yang maju menuju Indonesia maju dan Indonesia emas 2045,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: