Honda

Euro 2024: Prediksi dan Preview Serbia vs Inggris

Euro 2024: Prediksi dan Preview Serbia vs Inggris

Bagaimana jalan pertandingan nanti? Berikut prediksi dan preview Euro 2024 Serbia vs Inggris--djarum365id

PALPRES.COM - The Three Lions akan mulai menjalani match pertama Euro 2024 di Gelsenkirchen besok pukul 02:00 dini hari. Bagaimana jalan pertandingan nanti? Berikut prediksi dan preview Serbia vs Inggris.

Statistik Serbia vs Inggris

  • Secara statistik, Inggris menjadi kandidat kuat untuk membuka match di Grup C mereka dengan tiga poin, berkaca pada super komputer opta peluang Inggris mencapai 62.1% untuk bisa mengalahkan Serbia.

  • Di luar adu penalti, Inggris hanya menderita kekalahan satu kali dalam 18 pertandingan terakhir mereka di Euro dengan 10 kali menang, 7 kali seri, dan kalah atas Islandia di Euro 2016.

  • Tidak ada pemain Eropa yang dapat menyamai torehan 12 gol Harry Kane di tiga turnamen besar terakhir (Piala Dunia 2018, Euro 2020, dan Piala Dunia 2022). Hanya bintang Perancis, Kylian Mbappé, yang dapat menyamai torehan tersebut.

BACA JUGA:Berikut 5 Manfaat Senam Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Ayo Dicoba!

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup B Euro 2024, Spanyol Menang Besar Atas Kroasia, Italia Berhasil Taklukkan Albania

INGGRIS mempunya ambisi untuk mengakhiri 58 tahun keterpurukan mereka, Inggris akan memulai Euro 2024 dengan menghadapi Serbia di hari Senin dini hari.

Sang pelatih Gareth Southgate mengatakan bahwa ini merupakan pertandingan yang sangat penting, dimana ia memasuki turnamen besar keempatnya, dan mungkin yang terakhir.

Southgate berhasil mengubah Inggris, dari tim yang tidak berprestasi menjadi pesaing yang patut diwaspadai, tampil mengejutkan dengan finish di posisi keempat Piala Dunia 2018, sebelum musuh lama negara ini Italia menggulingkan mereka di final Euro 2020 dan perempat final Piala Dunia 2022 melawan Prancis.

Di luar adu penalti, the Three Lions hanya kalah satu kali dalam 18 pertandingan terakhir mereka di Euro (10 kali menang, tujuh kali seri), kalah dengan skor 2-1 dalam pertandingan babak 16 besar yang terkenal dengan Islandia pada tahun 2016.

BACA JUGA:Hasil Pertandigan Euro 2024, Hungaria vs Swiss: La Nati Menang 3-1, Tempel Jerman di Klasemen Grup A

BACA JUGA:GAWAT! Timnas Indonesia Tanpa 2 Pemain Andalannya di Laga Perdana Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meskipun lawan yang sama memberikan kekalahan lain kepada Inggris dalam pertandingan persahabatan terakhir mereka sebelum Euro pekan lalu, superkomputer Opta menjadikan mereka sebagai unggulan turnamen. Mereka berhasil meraih 19.9% dari 10.000 simulasi, tepat di atas Perancis (19.1%).

Jika mereka ingin mengangkat tropi, Inggris pastinya akan membutuhkan Harry Kane untuk tampil gemilang di negara barunya, setelah musim debutnya dengan mencetak 44 gol bersama Bayern Munich tidak membuahkan hasil.

Kane sepertinya tidak akan kesulitan untuk memenuhi harapan tersebut. Bagaimanapun, Kane telah mencetak 12 gol di tiga turnamen internasional besar terakhir, mencetak enam gol di Piala Dunia 2018, empat gol di Euro 2020 dan dua gol di Piala Dunia 2022.

Tidak ada pemain Eropa yang dapat menyamai torehan tersebut, hanya Kylian Mbappé yang dapat menyamainya.

BACA JUGA:Pertandingan Euro 2024 Hari Ini, Head to Head Hungaria vs Swiss

BACA JUGA:Justin Hubner Tidak Pernah Menyesal Bela Timnas Indonesia, Sebut Ini Keputusan Terbaiknya

Kane merupakan salah satu pencetak gol paling handal di turnamen ini dan akan sangat menyukai kesempatannya untuk meraih Sepatu Emas, khususnya dengan dukungan dari Jude Bellingham, Phil Foden, dan Bukayo Saka. Namun, Southgate memiliki beberapa masalah yang harus dipecahkan di tempat lain.

Harry Maguire yang harus absen karena cedera betis dan Luke Shaw yang belum siap untuk tampil setelah pulih dari masalah hamstring, Southgate akan dipaksa untuk menurunkan lini belakang yang belum pernah ia lihat sebelumnya di hari Senin nanti.

Marc Guehi dari Crystal Palace memiliki banyak penggemar, namun tim Serbia yang mencetak sepertiga gol mereka di kualifikasi melalui sundulan (lima dari 15 gol, persentase tertinggi dari tim manapun yang mencapai Jerman) akan berusaha untuk mengambil keuntungan dari kerja samanya dengan John Stones.

Tanda tanya besar lainnya adalah mengenai pasangan Declan Rice di lini tengah. Kobbie Mainoo terlihat berada di posisi terdepan di akhir musim, namun laporan saat ini menunjukkan bahwa Trent Alexander-Arnold dari Liverpool yang akan mengenakan kostum nomor delapan menjadi starter sebagai pilihan pertama.

BACA JUGA:Euro 2024 Spanyol vs Kroasia: Preview, Prediksi dan Susunan Pemain Kedua Tim

BACA JUGA:ANEH! Media Jepang Cemas Negaranya Bakal Satu Grup dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Mengapa?

Alexander-Arnold telah memainkan total 25.078 menit sepak bola kompetitif untuk Liverpool, namun hanya 1% dari mereka yang bermain di lini tengah, sehingga memainkan posisi tersebut di turnamen besar dapat menjadi semacam pembaptisan.

Namun, Alexander-Arnold - yang terbiasa bermain di area tengah di level klub seharusnya dapat menjadi aset yang berguna saat Inggris berusaha untuk memecah pertahanan lawan.

Dia berada di peringkat kedelapan di antara para pemain sayap untuk bola-bola panjang yang akurat (147) di Liga Primer musim ini dan ketiga untuk pergantian permainan (32). Membuat pemain seperti Foden dan Saka terisolasi dari pemain lawan akan menjadi kunci saat menghadapi tim Serbia yang biasanya menggunakan formasi 3-5-2 yang kompak.

Selain itu, Inggris menempati peringkat pertama atau pertama bersama untuk gol dari bola mati di setiap turnamen di bawah asuhan Southgate (enam di Piala Dunia 2018, tiga di Euro 2020, dua di Piala Dunia 2022).

BACA JUGA:YES! Amunisi Anyar Timnas Indonesia Untuk Putaran 3 Sudah Ada, Pemain Ini Siap Dinaturalisasi

BACA JUGA:Ragnar Oratmangoen Boyong Keluarganya Pulang Kampung ke Maluku, Warga Setempat Heboh

Sejak debutnya di Premier League pada Desember 2016, Alexander-Arnold memimpin semua pemain dalam hal jumlah assist dari situasi bola mati (20) dan berada di urutan ketiga dalam hal jumlah peluang yang tercipta dari situasi seperti itu (184).

Kehebatannya dalam mengeksekusi bola mati dapat membuat Inggris berada di sisi yang tepat untuk meraih kemenangan.

SERBIA, lawan mereka akan tampil di Euro untuk pertama kalinya sebagai negara merdeka, setelah berkompetisi sebagai Yugoslavia dan FR Yugoslavia dalam lima edisi sebelumnya, dan finis sebagai runner-up di tahun 1960 dan 1968.

Pelatih kepala mereka saat ini, Dragan Stojkovic, telah membuat penampilan terbanyak di Euro dibandingkan pemain Serbia lainnya, mantan gelandang ini telah tampil tujuh kali di turnamen 1984 dan 2000 untuk Yugoslavia dan mencetak satu gol.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Thom Haye Senang Pakai Sepatu Warna Hitam di Lapangan, Kayak Bapak-bapak!

BACA JUGA:Shin Tae-yong Pilih Target Realistis di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ogah Sampai Play-off!

Timnya finis sebagai runner-up di bawah Hungaria dalam grup kualifikasi mereka, namun mereka diperkirakan akan membuat kejutan di Grup C.

Mereka hanya mampu meraih lima clean sheet dalam 25 pertandingan di bawah asuhan Stojkovic, jadi serangan mungkin akan menjadi bentuk pertahanan terbaik mereka.

Dengan Dusan Tadic yang akan mendukung Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic di lini depan, Serbia memiliki banyak senjata.

Mereka hanya gagal mencetak gol dalam dua pertandingan kompetitif di bawah asuhan Stojkovic, saat menghadapi Norwegia (0-1 di UEFA Nations League) dan Brazil (0-2 di Piala Dunia Qatar).

BACA JUGA:Hasil Euro 2024 Jerman vs Skotlandia: Der Panzer Tampil Gemilang di Laga Perdana, Menang Telak Skor 5-1

BACA JUGA:Hasil Akhir Toulon Cup 2024, Timnas Indonesia U20 vs Korea Selatan: Kalah 1-2, Garuda Nusantara Posisi Buncit

Mitrovic, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Serbia dengan 58 gol dalam 91 pertandingan masih terlihat tajam meskipun telah meninggalkan Liga Premier untuk Liga Pro Saudi tahun lalu, mencetak 28 gol dalam 28 pertandingan liga untuk Al-Hilal pada 2023-24. Hanya Cristiano Ronaldo, dengan 35 gol dalam 31 pertandingan, yang berada di atasnya dalam daftar pencetak gol.

Jika Inggris tidak dapat meniru soliditas yang mereka tunjukkan di turnamen sebelumnya di bawah asuhan Southgate, Serbia memiliki para penyerang yang mampu menghukum mereka.

Head-to-Head Serbia vs Inggris 

Ini akan menjadi pertemuan pertama Inggris dan Serbia sejak Serbia muncul kembali sebagai negara merdeka di tahun 2006. Faktanya, sejak pecahnya Yugoslavia di awal tahun 1990an, Inggris hanya menghadapi Serbia dan Montenegro satu kali, menang 2-1 dalam pertandingan persahabatan di tahun 2003.

BACA JUGA:Hasil Babak Pertama Toulon Cup 2024, Timnas Indonesia U20 vs Korea Selatan, Sama Kuat Skor Imbang 0-0

BACA JUGA:Setelah Calvin Verdonk, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Masih Akan Bertambah

The Three Lions tidak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir mereka melawan Serbia atau Yugoslavia, memenangkan masing-masing dari empat pertandingan terakhir.

Kekalahan terakhir mereka dari mereka adalah kekalahan yang sangat penting, saat juara dunia asuhan Sir Alf Ramsey kalah 2-1 di semifinal Euro 1968, sebuah kompetisi yang diikuti oleh empat tim.

Prediksi Serbia vs Inggris

Inggris telah memulai ketiga turnamen besar mereka di bawah asuhan Southgate dengan kemenangan, dan superkomputer Opta mendukung mereka untuk melakukannya lagi di Jerman.

Mereka diberi 62.1% kesempatan untuk menang, dengan Serbia hanya menang di 16% skenario dan hasil imbang di 21.9%.

BACA JUGA:UEFA Mengumumkan Keputusan VAR Euro 2024 Bakal Tampil di Layar Stadion

BACA JUGA:Justin Hubner Sindir Pemain Keturunan yang Dulu Tolak Timnas Indonesia, Lucu!

Dalam prediksi Grup C, the Three Lions memiliki peluang 95.4% untuk mencapai babak 16 besar, dengan menempati posisi teratas dalam 67.2% simulasi. Serbia melaju dalam 56.2% proyeksi, lebih sedikit dari Denmark (69.2%) namun lebih banyak dari Slovenia (42.1%).

Tim Serbia vs Inggris

Serbia

Djordje Petrovic, Predrag Rajkovic, Vanja Milinkovic-Savic, Filip Mladenovic, Milos Veljkovic, Nemanja Stojic, Nikola Milenkovic, Srdjan Babic, Strahinja Pavlovic, Uros Spajic, Filip Kostic, Ivan Ilic, Lazar Samardzic, Mijat Gacinovic, Nemanja Gudelj, Nemanja Maksimovic, Sasa Lukic, Sergej Milinkovic-Savic, Srdjan Mijailovic, Veljko Birmancevic, Aleksandar Mitrovic, Andrija Zivkovic, Dusan Tadic, Dusan Vlahovic, Luka Jovic, Petar Ratkov.

Pelatih kepala: Dragan Stojkovic

Inggris

Aaron Ramsdale, Dean Henderson, Jordan Pickford, Ezri Konsa, Joe Gomez, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker, Lewis Dunk, Luke Shaw, Marc Guéhi, Adam Wharton, Conor Gallagher, Declan Rice, Jude Bellingham, Kobbie Mainoo, Trent Alexander-Arnold, Anthony Gordon, Bukayo Saka, Cole Palmer, Eberechi Eze, Harry Kane, Ivan Toney, Jarrod Bowen, Ollie Watkins, Phil Foden.

Pelatih kepala: Gareth Southgate

Prediksi Lineups Serbia vs England

Prediksi starting lineup pemain Serbia vs Inggris yang akan diturunkan--kolase

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: