Honda

Peningkatan Ekonomi Keluarga, TP PKK Muba Gelar Pelatihan Pengembangan Kreativitas

Peningkatan Ekonomi Keluarga, TP PKK Muba Gelar Pelatihan Pengembangan Kreativitas

Narasumber pada pelatihan ini ketua Pokja II TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dan ketua Bidang II TP PKK Kabupaten Muba-Kominfo Muba For Palpres.com-

SEKAYU, PALPRES.COM- Agar bisa memanfaatkan secara maksimal potensi sumber daya yang ada, untuk di kelola dan di optimalkan sebagai upaya dalam pengembangan kreativitas keluarga

Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar Pelatihan Pengembangan Kreativitas dalam Pengelolaan Ekonomi Keluarga Melalui Potensi Sumber daya yang dimiliki.

Acara tersebut, dibuka oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Triana Sandi Fahlepi diwakili Sekretaris TP PKK Kabupaten Muba Mintasari Ulfah, Kamis 27 Juni 2024 di Auditorium Pemkab Muba.

Dalam sambutannya, Sekretaris TP PKK Kabupaten Muba Mintasari Ulfah mengatakan, setiap keluarga tentunya memiliki kreativitas yang bisa dikembangkan baik berupa barang ataupun jasa dan dapat disalurkan melalui usaha yang akan berimplikasi pada peningkatan pendapatan keluarga. 

BACA JUGA:Pentingnya Pola Asuh Anak dan Remaja, TP PKK Muba Gelar Giat Ini di Desa Langkap Babat Supat

Permasalahannya adalah potensi sumber daya yang ada belum terkelola dengan optimal dan upaya dalam pengembangan kreativitas keluarga masih sangat minim.

"Sehubungan dengan hal tersebut, TP PKK Kabupaten Muba mengalokasikan pelatihan pengembangan kreativitas dalam pengelolaan ekonomi keluarga melalui potensi sumber daya yang dimiliki.

Agar UMKM dan kelompok UP2K mampu beradaptasi dan bertransformasi digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi Informatika melalui pemanfaatan e-commerce dan platform jejaring sosial.

Media sebagai salah satu upaya strategis dalam mengembangkan usaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga dan kesejahteraan masyarakat,"bebernya. 

BACA JUGA:Menjelang Lomba Profil IVA Tes, Pj Ketua TP PKK Muba Berikan Pembinaan Bagi PKK Kecamatan Lawang Wetan

Lanjutnya, mudah-mudahan kegiatan pada hari ini dapat bermanfaat bagi semua.

“Harapannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi keluarga sekaligus menumbuhkan minat usaha masyarakat melalui pengembangan kreativitas yang dimiliki,"tuturnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Yuliasty dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan pelatihan pengembangan kreativitas dalam pengelolaan ekonomi keluarga melalui potensi sumber daya yang dimiliki, untuk mewujudkan keluarga yang berdaya secara ekonomi. 

Membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan. 

BACA JUGA:TP PKK Muba Bakal Bangun Rumah Cinta Untuk Masyarakat, Apa Sih Manfaatnya?

Menumbuhkan minat usaha masyarakat melalui pengembangan kreativitas yang dimiliki. 

Meningkatkan kualitas pengelolaan pendapatan keluarga atau UP2K untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga secara optimal. 

Ikut serta dalam pemberdayaan UMKM. 

Mendukung program pemerintah dalam melaksanakan agenda pembangunan nasional dan percepatan pemulihan ekonomi. 

BACA JUGA:Giliran PKK Sungai Keruh Dapat Kunjungan TP PKK Muba, Ini Tujuannya

"Pelatihan pengembangan kreativitas dalam pengelolaan ekonomi keluarga melalui potensi sumber daya yang dimiliki, dilaksanakan 1 hari tanggal 27 juni 2024 bertempat di auditorium Pemkab Muba. 

Peserta pelatihan dari 15 kecamatan yang terdiri dari TP PKK kecamatan dan desa dengan total peserta berjumlah 75 orang. 

Narasumber pada pelatihan ini ketua Pokja II TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dan ketua Bidang II TP PKK Kabupaten Muba,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: