Honda

Kunker ke OKI, Watannas RI Siap Dampingi Pemerintah Daerah Susun Strategi Mitigasi Karhutla

Kunker ke OKI, Watannas RI Siap Dampingi Pemerintah Daerah Susun Strategi Mitigasi Karhutla

Deputi Sistem Nasional (Desisnas) Dewan Ketahanan Nasional RI, Mayjen TNI Syachrial E Siregar bersama Pj Sekda OKI-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Tim On The Spot (OTS) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kedatangan rombongan ini diterima langsung Pj Bupati OKI diwakili Pj Sekda M Refly MS di bertempat di Ruang Rapat Bupati OKI, Kamis 27 Juni 2024.

Kunker Wantannas RI dalam rangka Pelaksanaan Kajian Daerah menyusun strategi kolaborasi mitigasi Karhutla untuk Penguatan Ketahanan Nasional.

Dalam pelaksanaan kajian daerah yang dipimpin langsung oleh Deputi Sistem Nasional (Desisnas) Dewan Ketahanan Nasional RI, Mayjen TNI Syachrial E Siregar itu menyoroti penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dalam hal ini OKI baik dari segi upaya dan langkah strategis yang telah dilakukan terhadap upaya penanganan karhutla.

BACA JUGA:PT OKI Pulp & Paper Mills Raih CSR Award 2024, Ini Kontribusinya Bagi Masyarakat

"Pemkab OKI dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla bekerjasama dengan Forkopimda telah melaksanakan beberapa kali rapat koordinasi, dengan mangundang camat, kades, hingga pihak swasta.

Masing-masing desa yang memiliki wilayah gambut yang rawan terjadi karhutla kita sudah anggarkan dana desanya, khusus untuk penanganan karhutla," terang Refly.

Refly mengatakan, ada empat wilayah kecamatan yang potensi besar terjadi Karhutlah di OKI, diantaranya Kecamatan Pampangan, Kecamatan Pangkalan Lampan, Kecamatan Cengal dan Kecamatan Sungai Menang.

“Meskipun empat wilayah ini yang potensial terjadi karhutla, namun kami juga terus menekankan wilayah lain melakukan pencegahan secara maksimal dan terencana," sambung Refly.

BACA JUGA:Dapat Tangan Palsu Mekanik dari Polri, Adi Purnama Ucapkan Terima Kasih Pada Kapolri dan Kapolda

Selain itu, Refly menyebut Pemkab OKI telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dengan membentuk satgas, mendirikan posko di daerah rawan terjadinya karhutla, sosialisasi serta menggelar apel siap siaga pasukan dan sejumlah langkah lainnya.

Sementara itu, Deputi Sistem Nasional Wantannas RI, Mayjen TNI Syachrial E Siregar mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab OKI dalam mitigasi dan penanggulangan bencana karhutla.

"Kabupaten OKI ini adalah salah satu Kabupaten di Sumsel yang sudah berpengalaman dalam menangani bencana karhutla.

Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pemkab OKI bersama dengan Forkopimda.

BACA JUGA:18,6 juta siswa semua jenjang akan menerima bantuan PIP dengan jumlah anggaran Rp 13, 4 triliun tahun 2024

Kami dari Wantannas RI akan terus mendukung mitigasi pencegahan bencana Karhutla di Sumatera Selatan," ungkap Mayjen Syachrial.

Mayjen Syachrial menegaskan, bahwa hal-hal yang telah dilakukan agar terus ditingkatkan dan dijaga, kekompakan adalah hal yang utama.

"Kita samakan persepsi bahwa bencana kebakaran hutan dan lahan ini dapat kita cegah, terus berikan edukasi kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara membakar.

Kita harapkan bencana karhutla ini tidak terjadi lagi ke depannya, dan apabila tetap terjadi kitapun sudah siap dalam hal mitigasi dan penanggulangannya untuk penguatan ketahanan nasional," pungkasnya.

BACA JUGA:Hasil Babak Pertama Grup A Piala AFF U16: Indonesia U16 vs Laos U16, Garuda Muda Sementara Unggul 4-1

Usai melakukan Kunjungan di Kantor Bupati OKI rombongan dari Wantannas RI pun langsung meninjau lokasi lahan gambut yang menjadi lokasi rawan terjadinya karhutla di kawasan perkebunan sawit PT Tempirai Palm Resources.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: