Honda

Pulang ke Tanah Air, Haji Muda Asal Palembang Salut dengan Layanan Petugas PPIH

Pulang ke Tanah Air, Haji Muda Asal Palembang Salut dengan Layanan Petugas PPIH

Sebanyak 449 jemaah haji Kloter 7 Debarkasi Palembang tiba di Asrama Haji Sumsel, Senin 1 Juli 2024 siang--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 449 jemaah haji Kloter 7 Debarkasi PALEMBANG tiba di Asrama Haji Sumsel, Senin 1 Juli 2024 siang. 

Pulang dari menjalankan ibadah haji, dua jemaah usia muda memuji pelayanan petugas selama proses pelaksanaan ibadah haji. 

Putri Masya Adira, remaja 19 tahun asal Palembang, salut dengan kesigapan petugas membantu jemaah haji.

Terutama jemaah lanjut usia.

BACA JUGA:Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam dalam Koper Bagasi, PPIH: Akan Dibongkar!

BACA JUGA:Alhamdulillah, 2.694 Jemaah Debarkasi Palembang Telah Kembali ke Tanah Air

"Kita banyak terimakasih kepada petugas yang selalu sigap dan siap membantu jemaah. Di Mina contohnya, banyak jemaah yang lelah, petugas saya lihat sigap mendorong jemaah lansia. Aku salut sih, banyak-banyak terimakasih,” tutur Putri. 

Bagi Putri, pengalaman berangkat haji pertama kali ini sangatlah berkesan.

Paling berkesan tentu saja saat puncak haji di Armuzna.

“Kita berkumpul dan berdoa dengan jutaan orang dari seluruh penjuru dunia. Ini luar biasa. Makanannya enak, transportasinya bagus, pun dengan kondisi hotelnya. Apalagi di Madinah, hotelnya saat dekat dengan Masjid Nabawi. Rasanya kalau diberi kesempatan, pengen berangkat haji lagi,” ujar Putri. 

Senada dengan Putri, Muhammad Nabil Al Rachman (18) yang berangkat bersama ibunya menyampaikan pengalamannya. Dia bersyukur fasilitas yang disiapkan PPIH Arab Saudi tidak ada kendala.

BACA JUGA:Susunan Kloter dan Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Palembang 2024 Gelombang 1

BACA JUGA:6 Bandara Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia dari Tanah Suci, Berikut Bandara dan Jadwalnya

“Mungkin yang butuh kesabaran adalah toilet saat di Armuzna, karena kita harus antri. Tapi itu bukanlah masalah besar. Tujuan kita berangkat adalah tentu untuk memperbanyak ibadah,” tutur Nabil. 

Kepulangan jemaah haji kloter 7 sendiri disambut Kabag Tata Usaha sekaligus PLH. Kabid PHU Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf Evi Zurfiana Azom, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Efriansyah, Direktur PT. Swarna Dwipa Rebo Iskandar Pohan, dan Kabag Agama Pemprov Sumsel Muhammad Yamin. 

Win Hartan menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah kloter 7 berjumlah 450 orang.

Dua jemaah sudah pulang lebih awal bersama kloter 2 yaitu Ahmad Nuril Alam dan Eva Hariyantini.

BACA JUGA:Jelang Pulang ke Tanah Air, PPIH Bagi Tips Jaga Kesehatan untuk Jemaah Haji Risti dan Non Risti

Saat kepulangan ke Tanah Air, ada satu jemaah yang tidak bisa ikut karena masih dirawat di rumah sakit yaitu Sahlan Sophian (73).

Namun ada dua jemaah dari kloter 15 yang bergabung pulang yaitu Yamtoni Maliun Dul Majid (59) dan Syamsul Bahri (63) asal Palembang.

Sehingga total jemaah kloter 7 yang kembali ke Palembang berjumlah 449 orang. 

“Hingga hari ini, total jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 3.143 dengan rincian 2.002 jemaah Sumsel, 1.106 asal Bangka Belitung, dan 35 petugas kloter. Sedangkan jemaah yang wafat berjumlah 22 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi dan 20 meninggal di Arab Saudi,” jelas Win Hartan. 

“Untuk jemaah sakit yang dirawat di Arab Saudi ada empat orang, yaitu Zaenoni Zen Ibrahim dan Bonandar Iskak Karyo dari kloter 2, Mascik Mentoh Thalib dari kloter 4, dan Sahlan Sophian dari kloter 7,” sambung Win Hartan. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: