Honda

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Gelombang 1 Debarkasi Palembang Sudah Tiba di Tanah Air

Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Gelombang 1 Debarkasi Palembang Sudah Tiba di Tanah Air

Jemaah haji asal Palembang dan OKU Selatan dari kloter 9 debarkasi palembang mendarat dengan selamat di Bandara SMB II Palembang, Rabu 3 Juli 2024 sore kemarin.--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Alhamdulillah, seluruh jemaah haji gelombang 1 Debarkasi PALEMBANG sudah tiba di tanah air. 

Hal ini ditandai dengan tibanya 446 jemaah haji Kloter 9 Debarkasi Palembang asal Palembang dan OKU Selatan di Kota Palembang, Rabu 3 Juli 2024 sore tadi.

Kloter 9 merupakan kloter terakhir yang tergabung dalam gelombang pertama embarkasi/debarkasi Palembang.

Total jemaah haji debarkasi Palembang yang sudah kembali ke Tanah Air berjumlah 4.039 orang. 

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan selaku Ketua PPIH Debarkasi Palembang menjelaskan, tahun ini embarkasi Palembang memberangkatkan total 8.467 jemaah yang tergabung 19 kelompok terbang (kloter).

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 8 Debarkasi Palembang Tiba di Bandara SMB II

BACA JUGA:Alhamdulillah, 66.611 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

Mereka berangkat dalam dua gelombang, yaitu kloter 1 sampai 9 di gelombang pertama dan kloter 10 sampai 19 di gelombang kedua.

Hingga pemulangan terakhir di gelombang pertama hari ini, yakni kloter 9, sudah 4.039 jemaah yang telah kembali ke Tanah Air.

Rinciannya, 2.888 jemaah asal Sumsel, 1.106 jemaah asal Bangka Belitung, dan 45 petugas kloter. 

“Besok malam kita akan menerima kepulangan jemaah gelombang kedua, yakni kloter 10 yang dijadwalkan tiba di Palembang pukul 17.55 WIB. Berbeda dengan jemaah gelombang pertama yang pulang dari Bandara Jeddah menuju Palembang, untuk jemaah gelombang kedua ini diterbangkan dari Bandara Madinah,” jelas Syafitri. 

BACA JUGA:Pulang ke Tanah Air, Haji Muda Asal Palembang Salut dengan Layanan Petugas PPIH

BACA JUGA:Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam dalam Koper Bagasi, PPIH: Akan Dibongkar!

Terkait jumlah jemaah yang meninggal, lanjut Syafitri, hingga saat ini jemaah embarkasi/debarkasi Palembang yang wafat berjumlah 24 orang.

Rinciannya, dua meninggal di embarkasi sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, 21 jemaah meninggal di Arab Saudi, dan satu jemaah meninggal di debarkasi yakni di rumah sakit rujukan saat kepulangan kemarin. 

“Adapun jemaah yang masih sakit dan dirawat di Arab Saudi berjumlah empat orang. Dua orang dari kloter 2, satu orang dari kloter 4, dan satu orang dari kloter 7. Kondisi mereka masih terus dipantau. Bila membaik dan dinyatakan laik terbang, mereka akan diberangkatkan bersama kloter-kloter berikutnya,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf Evi Zurfiana Azom saat menyambut kedatangan jemaah kloter 9 di Aula Asrama Haji Sumsel menuturkan, jemaah kloter 9 saat berangkat ke Tanah Suci berjumlah 450 orang.

BACA JUGA:Susunan Kloter dan Jadwal Pemulangan Jemaah Haji Debarkasi Palembang 2024 Gelombang 1

BACA JUGA:448 Jemaah Haji Kloter 3 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air, 2 Jemaah Meninggal Dunia, 3 Jemaah Tanazul

Namun ada tiga jemaah yang meninggal di Arab Saudi dan satu jemaah yang pulang lebih awal bersama kloter 6.

Evi pun mengucapkan selamat datang kepada jemaah yang baru kembali dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya. 

“Terima kasih kepada para petugas dan para jemaah yang telah bekerjasama dengan baik. Sehingga kloter 9 bisa menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan lancar. Selamat kembali ke Tanah Air. Insya Allah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” ujar Evi. 

Acara penyambutan sekaligus pelepasan kloter 9 sendiri dihadiri antara lain Kakanwil Kemenag Sumsel diwakili Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf Evi Zurfiana Azom, Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Sumsel Muhammad Yamin, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola Asrama Haji Sumsel Rebo Iskandar Pohan, dan jajaran PPIH Debarkasi Palembang. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: