RDPS
Honda

4 Tips Cepat Membangun Bisnis Lewat Media Sosial, Cocok Buat Pemula

4 Tips Cepat Membangun Bisnis Lewat Media Sosial, Cocok Buat Pemula

4 Tips Cepat Membangun Bisnis Lewat Media Sosial, Cocok Buat Pemula-Freepik-

PALPRES.COM- Pernah dengar istilah social selling? Atau Anda baru pertama kali mendengar istilah yang satu ini?. 

Social selling adalah teknik penjualan yang memanfaatkan media sosial untuk dapat memperluas pasar, menemukan konsumen, membangun kepercayaan, dan pada akhirnya, menjual produk atau jasa.

Nah, kalau  Anda saat ini sedang berjualan melalui media sosial, selamat, Anda adalah seorang social seller!

Namun, apakah saat ini Anda merasa bisnis yang dijalani melalui media sosial kurang atau tidak berkembang?

BACA JUGA:Advan G9 Pro: Ponsel 1 Jutaan dengan RAM 6 GB, HP Lokal Memang Beda

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru PT. Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) Lulusan D3 Teknik Simak Syaratnya

Jika ya, maka artikel ini bisa membantu anda mengembangkan bisnis.

Saat Anda melakukan penjualan produk atau jasa di media sosial atau social selling, sebetulnya  Anda tidak melulu hanya berjualan.

Tapi sedang membangun koneksi dengan orang lain yang merupakan target market bisnis Anda.

Tantangan utama bagi seorang social seller adalah menciptakan interaksi dengan calon konsumen, dan menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi konsumen melalui produk atau layanan yang dijual.

BACA JUGA:Imbas Kebakaran Ruko Palembang, Toko Tetangga Masih Ikut Tutup

BACA JUGA:Imbas Kebakaran Ruko Palembang, Toko Tetangga Masih Ikut Tutup

Tips Sukses Melakukan Social Selling?

Lalu, bagaimana cara melakukan social selling? Setidaknya empat hal berikut ini yang perlu Anda lakukan: 

Pilih Platform yang Tepat

Ada banyak sekali platform social media sekarang ini. 

Pilih dengan bijak dan sesuai target market anda. 

BACA JUGA:Perusahaan Multi Tambang Asal Brasil Buka 8 Lowongan Kerja Terbaru Penempatan Indonesia Ini Syaratnya

BACA JUGA:Kapan Bansos BPNT Tahap 3 2024 Cair? Berikut Rincian Beserta Jadwal Lengkapnya!

Pahami Algoritma  setiap platform media sosial

Setiap media sosial memiliki sistem algoritma yang berbeda.

Dengan memahami bagaimana hal tersebut bekerja maka Anda bisa  meningkatkan pangsa pasar dan penjualan .

Kunci utama dalam memahami algoritma adalah viralitas. Algoritma Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok sangat menyukai konten dengan viralitas yang tinggi.

BACA JUGA:Ada Saldo Masuk KKS Bank BRI Untuk KPM Kategori Ini, Benarkah BLT Mitigasi Resiko Pangan sudah Cair?

BACA JUGA:SENIN BERKAH! Dana Bansos PKH dan BPNT Cair Untuk Pemilik Kartu BPJS Kesehatan PBI KIS, Kok Bisa Ya?

Kuncinya, buatlah konten yang relevan dan memicu interaksi dengan audiens.

Selain itu faktor lain seperti konsistensi, detail keterangan produk, hashtag, serta ketepatan waktu mengunggah konten juga menjadi hal yang bisa mendukung.

Buat Profil yang Profesional dan Menjual
Sudah menemukan dan menentukan platform yang akan anda gunakan? Jika sudah, buatlah profil  seprofesional mungkin.

Mulai dari keterangan singkat untuk membuat audiens tau kelebihan bisnis Anda, serta konten-konten dengan visual yang kuat.

Lupakan Spamming dan Bangun Hubungan yang Kuat
Hindari spamming dengan terus memposting konten jualan, sekali lagi, konten yang baik adalah konten yang sifatnya solutif.

Ketika sudah ada interaksi, Anda harus menjaga hubungan dengan followers. Perkuat hubungan dengan cara saling berinteraksi di postingan mereka.

Jangan hanya fokus membuat konten dan berharap ada interaksi instant di post tersebut.

Tentukan solusi transaksi agar tetap produktif dan terhindar dari penipuan

Karena Anda bertransaksi menggunakan media sosial, pemilihan metode check out menjadi sangat penting agar Anda bisa tetap produktif dan terhindar dari penipuan.

Salah satu platform yang menawarkan hal tersebut adalah Midtrans yang memungkinkan Anda bisa menerima lebih dari 20 metode pembayaran mulai dari Debit/ Credit Card, transfer bank, E-wallet dan yang lainnya.

Tidak perlu repot harus memiliki website untuk menyambungkan API dulu, Midtrans juga menawarkan fitur Payment Link untuk pelaku UMKM.

Hanya dengan membuat link yang dapat dibagikan lewat inbox di media sosial atau aplikasi chat, konsumen dapat langsung memproses pembayarannya dengan cepat.

Selain mempermudah, ini juga dapat menghindari konsumen membatalkan transaksi karena cara membayar yang sulit.

Segera daftarkan usaha Anda ke Midtrans dan gunakan 

Tidak hanya itu, transaksi bisnis Anda juga langsung tercatat secara otomatis, yang tentunya dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara lebih efisien.

Dengan memahami makna menjadi social seller, tidak hanya sekedar berjualan tetap menciptakan interaksi dengan target konsumen, serta tips dan trik yang bisa dilakukan maka bisnis Anda tentu dapat semakin berkembang. Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: