Honda

MANTAP! 5,6 Ton NaCL kembali Disebar Oleh BPPIKHL Cegah Karhutla di Sumsel

MANTAP! 5,6 Ton NaCL kembali Disebar Oleh BPPIKHL Cegah Karhutla di Sumsel

MANTAP! 5,6 Ton NaCL kembali Disebar Oleh BPPIKHL Cegah Karhutla di Sumsel --Istimewa

PALEMBANG, PALPRES.COM - Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) kini menebarkan 5,6 ton NaCL disemaikan hingga hari kelima operasi modifikasi cuaca (OMC) di Sumatera Selatan (Sumsel).

"Di Mulai tanggal 4-7 Juli 2024, sudah 4 ton NaCl atau 5 sorti yang ditebar di langit Sumsel. Namun, pada hari ke-5 OMC ini ditambahkan dua sorti, sehingga totalnya menjadi 7 sorti atau 5,6 ton NaCl yang sudah ditebar di langit Sumsel," kata Kepala BPPIKHL Ferdian Kristianto di Palembang.

Lalu menjelaskan OMC ini akan dilakukan hingga 13 Juli 2024.

Hingga akan ada total 8 ton NaCl yang akan ditabur untuk memitigasi kebakaran hutan dan lahan agar hujan tetap turun di wilayah Sumsel saat puncak kemarau.

BACA JUGA:Siap Berkemas! Gelombang Pertama ASN Pindah ke IKN Terhitung September 2024

BACA JUGA:Update Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Antam dan UBS Kompak Turun

NaCl juga akan disebar di beberapa wilayah di Sumsel, di antaranya di Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Komering dan wilayah lainnya.

Namun NaCl disebar di beberapa wilayah tersebut karena memiliki potensi awan hujan.

"Namun Penyebaran NaCl tergantung ada tidaknya awan, hingga Dalam sehari bisa 1-2 sorti, bahkan tidak terbang sama sekali apabila tidak memiliki potensi awan di wilayah tersebut," ungkapnya 

Tak hanya itu Sementara itu, Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman.

BACA JUGA:Siap Berpentas di Pilkada Serentak 2024, 'Hapal' Siap Maju Sebagai Bakal Calon Gubernur Sumsel

BACA JUGA:Harga Emas Batangan Antam di Palembang Merosot Hari Ini, 1 Gram Tembus Rp1.389.000

Mengungkap bahwa mengatakan pelaksana OMC itu adalah Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersinergi dengan BPBD Sumsel, BMKG, serta Lanud Sri Mulyono Herlambang.

Lalu ia juga menjelaskan dalam pelaksanaan OMC itu menggunakan pesawat milik TNI AU, yakni Casa-212 Reg A-2104 yang akan menaburkan garam di awan-awan yang berpotensi hujan untuk meningkatkan intensitas hujan.

"Tentunya Kami harapkan dengan metode OMC ini dapat menurunkan hujan buatan di wilayah Sumsel, terutama yang rawan karhutla," ungkapnya

Ia juga menerangkan bahwa OMC juga merupakan langkah strategis dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana, khususnya terhadap potensi karhutla.

BACA JUGA:Viral! Golkar dan PKS Gabung Koalisi Pendukung Muchendi-Supriyanto di Pilkada OKI 2024, Benarkah?

BACA JUGA:Semifinal Euro 2024 Prediksi dan Preview Spanyol vs Prancis, Masihkah Fortuna Bersama Prancis?

"Dengan adanya kegiatan OMC ini karhutla di Sumsel dapat diminimalisasi, sehingga tercipta lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi masyarakat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: