Honda

Penumpang Kereta KAI Divre III Palembang Naik 11,2 Persen di Semester I, Totalnya Tembus Segini

Penumpang Kereta KAI Divre III Palembang Naik 11,2 Persen di Semester I, Totalnya Tembus Segini

Penumpang Kereta KAI Divre III Palembang Naik 11,2 Persen di Semester I, Totalnya Tembus Segini -KAI-

PALPRES.COM- PT KAI Divre III Palembang mencatat jumlah penumpang kereta di semester I 2024 mengalami peningkatan hingga 11,2 persen.

Peningkatan jumlah penumpang ini naik jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023 lalu.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan jumlah penumpang yang meningkat ini berdasarkan data dari 1 Januari sampai 30 Juni 2024.

Jumlah penumpang KAI Divre III sepanjang Semester I 2024 mencapai 505.634 penumpang.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Pantau Langsung Proyek Strategis Nasional Kereta Api Logistik Lahat-Kertapati

BACA JUGA:Terhitung 1 Juni 2024, Pengembalian Dana Tiket Kereta Api Kini Lebih Cepat, Cuma 7 Hari, Begini Prosesnya

Data itu berasal dari jumlah penumpang keseluruhan dari operasional Kereta Api (KA) Ekonomi yang beroperasi.

Antara lain, KA Ekonomi Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP).

Lalu KA ekonomi Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjung Karang.

Dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau (PP).

BACA JUGA:Kereta Tanpa Rel Hadir di IKN, Menhub Sebut Uji Coba pada Agustus 2024

BACA JUGA:Pecahkan Rekor Harian, Kini Kereta Cepat Whoosh Tembus Jumlah Penumpang Harian Tertinggi Dalam Sejarah

Untuk ketersediaan tempat duduk rata-rata sebanyak 2.374 setiap harinya.

Sementara jika melihat dari periode yang sama di 2023 lalu, dari 1 Januari sampai 30 Juni 2023 untuk jumlah penumpang di KAI Divre III Palembang sebanyak 437.635 penumpang.

“Kita melihat memang terjadi peningkatan jumlah penumpang di KAI Divre III sebanyak 67.999 atau meningkat 11,2 persen di Semester I 2024 jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2023,” ungkap Aida. 

Terjadinya peningkatan volume penumpang kereta ini dikatakan Aida karena dipengaruhi beberapa faktor.

BACA JUGA:Ngopi Asyik Sambil Menikmati Aliran Sungai Kelingi di Bendungan Water Vang Lubuklinggau

BACA JUGA:Jebak Pasukan Israel, Brigade Al-Qassam Hancurkan Konvoi Tank Merkava

Seperti kepercayaan masyarakat yang memilih transportasi kereta api untuk bepergian semakin tumbuh.

Hal ini tidak lepas dari pelayanan kereta yang terus diperbaiki.

Faktor lainnya, penumpang juga diberikan kemudahan dalam hal pemesanan tiket online.

Bahkan tiket bisa dipesan H-45 sebelum keberangkatan.

BACA JUGA:WOW! Dihadiri 27 Ribu Peserta, Minum Kopi Serentak di tepi Sungai Sumsel Pecahkan Rekor MURI

BACA JUGA:Omzetnya Menjanjikan, Ini 5 Ide Usaha Bagi Pekerja di Masa Pensiun

Dengan begitu penumpang kereta api bisa merencanakan perjalanannya dengan baik.

Sedangkan untuk pengembalian dana pembatalan juga semakin mudah.

Dengan jangka waktu maksimal 7 hari dari sebelumnya 30 hingga 45 hari.

Untuk proses pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi Acces by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan.

BACA JUGA:Tersisa 2 Kloter Lagi, 7.586 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Sudah Tiba di Tanah Air

BACA JUGA:VIRAL, Aep ‘Dibawa’ Polda Jabar, Dedi Mulyadi Bongkar Fakta Keberadaan Saksi Kunci Ini?

Atau selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan di loket stasiun dengan bea pembatalan 25 persen per tiket yang dibatalkan dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun.

“Kita juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun, hal ini agar pelanggan merasa nyaman selama menggunakan transportasi kereta api,” jelasnya.

Fasilitas yang disediakan KAI Divre III Palembang antara lain arena bermain anak, lalu ada juga pojok baca di ruang tunggu stasiun.

Aida juga menambahkan untuk periode angkutan libur Idul Adha 1445 H dan liburan sekolah dengan periode 13 Juni-16 Juli 2024 juga mengalami peningkatan.

BACA JUGA:Hujan Jadi Tantangan Terbesar Pembangunan Bandara IKN, Menhub: Sebulan Hanya 8 Hari Cerah

BACA JUGA:GACOR! Vivo Y17s, Harga Cuma Sejutaan, Batre Awet dengan Resolusi Kamera sampai 50 MP, Yakin Ga Tertarik?

Tercatat tiket yang sudah terjual sebanyak 98.166 tiket atau 119 persen dari ketersediaan tempat duduk yaitu 82.616 dalam periode tersebut. 

Selain itu terhitung dari 9 Juli 2024, pukul 10.00, KAI Divre III Palembang telah mengangkut 84.103 penumpang dari 8 stasiun keberangkatan penumpang.

Yaitu stasiun Kertapati, Payakabung, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Kota Padang dan Lubuk Linggau.

Dengan stasiun keberangkatan dari Kertapati serta Lubuk Linggau yang banyak naik turun penumpang.

BACA JUGA:Mau Tau Daftar Atlet yang di ikutkan ke kompetisi Olimpiade, Cek Disini!

BACA JUGA:Selain PKH dan BPNT, Lansia Dapat Bansos Lagi Juli Ini Dengan Kuota 100 Ribu Penerima, Ini Penjelasannya!

Semakin meningkatnya jumlah penumpang kereta ini membuat KAI Divre III Palembang akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan agar pelanggan merasa nyaman dan aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: