Honda

PLN Icon Plus Mendorong Pengembangan Smart Kabupaten Melalui Infrastruktur Digital dan Energi Hijau

PLN Icon Plus Mendorong Pengembangan Smart Kabupaten Melalui Infrastruktur Digital dan Energi Hijau

Melalui langkah strategis yang diambil, PLN Icon Plus berkomitmen dalam mendorong pengembangan Smart Kabupaten dan energi hijau yang terintegrasi di seluruh Indonesia.--plniconplus

PALPRES.COM - Di tengah era digital yang terus berkembang, pengembangan infrastruktur digital dan energi hijau menjadi kebutuhan esensial bagi seluruh kabupaten di Indonesia.

PLN Icon Plus mengambil langkah signifikan untuk mendorong terwujudnya Smart Kabupaten dengan infrastruktur yang terintegrasi.

Dalam gelaran APKASI 2024 yang berlangsung di Jakarta dengan tema "Mendorong Smart Kabupaten melalui Infrastruktur Digital & Green Energy yang Terintegrasi," PLN Icon Plus menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung transformasi digital dan transisi energi hijau di tingkat daerah.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan bahwa transformasi PLN Icon Plus menjadi Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) merupakan sebuah langkah strategis.

BACA JUGA:Pertamina Hulu Rokan Temukan Sumber Migas Baru Berpotensi Hasilkan 3.000 BOPD di Blok Rokan

BACA JUGA:Begini Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan Mandiri ke KIS PBI Secara Online

Transformasi ini tidak hanya mencakup perubahan struktur, tetapi juga mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyediakan solusi Beyond kWh yang terintegrasi, mencakup Connectivity, Digital, dan Green Energy.

"Kami tidak hanya berfokus pada penyediaan konektivitas, tetapi juga pada pengembangan solusi digital dan energi hijau yang dapat mendukung program strategis nasional," ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Icon Plus berperan aktif dalam meningkatkan dan pemerataan penetrasi koneksi internet di seluruh Indonesia.

Salah satu pencapaian yang membanggakan adalah keberhasilan mengubah Pulau Lepar menjadi pulau pertama yang 100% terhubung dengan ICONNET.

BACA JUGA:Indonesia Masih Impor Produk dari Israel, Nilainya Capai Rp44,63 Miliar, Ini 3 Daftar Barangnya

BACA JUGA:Ini Lokasi dan Nama 3 Proyek Baru Diresmikan PHM Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Migas

Langkah ini menghadirkan koneksi internet  ke setiap sudut pulau, sehingga mempermudah akses untuk pendidikan, membuka peluang ekonomi baru, serta mempromosikan pariwisata lokal.

Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen PLN Icon Plus untuk menghadirkan layanan internet berkualitas tinggi hingga berbagai wilayah di Indonesia.

Pertumbuhan ICONNET yang signifikan juga mendapatkan pengakuan internasional.

Untuk pertama kalinya, PLN Icon Plus dinobatkan sebagai Broadband Telecom Company of The Year oleh Asian Telecom pada tahun 2024.

BACA JUGA:22 Hari Tanpa Hujan di IKN, BMKG Modifikasi Cuaca Percepat Pembangunan Infrastuktur

BACA JUGA:Meriahkan Hari Jadi ke-55 Tahun, Elnusa Menggelar Enlympic 2024

Penghargaan ini menjadi bukti atas upaya keras dan dedikasi perusahaan dalam menyediakan layanan telekomunikasi terbaik.

Selain itu, PLN Icon Plus juga mencatat sejarah sebagai penyedia backbone internet fiber optic pertama di Timor Leste pada Oktober 2023.

Pengembangan Smart City diarahkan pada integrasi digitalisasi dan green city, termasuk Green Urban Planning, Advanced Waste Management, Smart Energy, dan Advanced Water Management.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan energi terbarukan, PLN Icon Plus turut mendorong program dunia menuju Zero Emisi Karbon.

BACA JUGA:Turnamen Piala Presiden 2024 Bisa Dongkrak Pendapatan UMKM, Tingginya Antusias Masyarakat Bola

BACA JUGA:280 Orang Daftar Jadi Capim KPK, Ada 19 Perempuan yang Ikut Pendaftaran

PLN Icon Plus bertekad untuk membangun konsep Smart & Green yang berlandaskan infrastruktur jaringan, digitalisasi, dan energi hijau yang terintegrasi dan efisien.

Dalam upaya mewujudkan Smart & Green Kabupaten, PLN Icon Plus menyediakan berbagai solusi teknologi yang terintegrasi.

Digitalisasi Smart Building menjadi bagian dari ekosistem smart yang menyediakan perangkat-perangkat elektronik berbasis teknologi Internet of Things (IoT). Energy Management System (EMS) yang cerdas memungkinkan monitoring dan optimasi konsumsi energi, dengan smart metering dan energy management system yang memungkinkan penghematan energi dan biaya.

"Dalam era digital dan transisi energi hijau yang semakin pesat, PLN Icon Plus berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang terintegrasi dan berkelanjutan bagi seluruh kabupaten di Indonesia.

BACA JUGA:AS Hapus Utang Indonesia Sebesar Rp565 Miliar, Imbalannya Konservasi Terumbu Karang

BACA JUGA:Kebablasan! PBNU akan Panggil 5 Orang Pemuda Nahdliyin yang Foto Bareng Presiden Israel

Kami tidak hanya menyediakan konektivitas yang handal, tetapi juga mengembangkan solusi digital dan energi hijau yang mendukung program strategis nasional. Melalui partisipasi PLN Icon Plus dalam APKASI 2024, menunjukkan dedikasi kami dalam mendukung transformasi digital dan energi hijau di tingkat daerah, dengan tujuan utama membangun Smart Kabupaten yang berlandaskan pada infrastruktur digital dan green energy," ujar  Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Icon Plus berperan penting dalam menyediakan jaringan telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) dengan menyediakan layanan konektivitas terintegrasi, solusi digital, dan energi hijau untuk mendukung IKN menjadi kota yang ‘Smart, Green & Beautiful’.

PLN Icon Plus tidak hanya berfokus pada layanan domestik, tetapi juga terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan energi masa depan, seperti mengembangkan berbagai fitur di Aplikasi PLN Mobile dan bekerja sama dengan berbagai pabrikan kendaraan listrik untuk mendukung Electric Vehicle Digital Services (EVDS).

Ini termasuk instalasi stasiun pengisian hingga manajemen energi dengan platform yang efisien dan mudah digunakan.

BACA JUGA:TOK! Korupsi Sebesar Rp 45M SYL Hanya Divonis 10 Tahun Penjara, Inikah Keadilan?

BACA JUGA:Pecahkan Rekor MURI, Masjid dan Gereja di Papua Dibangun di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Kolaborasi antara PLN Icon Plus dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia telah menciptakan dampak positif yang signifikan.

Keberhasilan ini memperlihatkan bagaimana kerja sama strategis dapat mendorong pembangunan daerah yang berkelanjutan. "Dengan semangat 'Smart & Green Energy,' kami mendorong kabupaten, kota, dan provinsi untuk menjadi pionir dalam penerapan ekosistem hijau yang terintegrasi”, pungkas Ari Rahmat Indra Cahyadi.

Melalui langkah strategis yang diambil, PLN Icon Plus berkomitmen dalam mendorong pengembangan Smart Kabupaten dan energi hijau yang terintegrasi di seluruh Indonesia.

Transformasi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi juga mendukung pencapaian target nasional dan internasional dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:Angka Harapan Hidup Warga di Daerah Ini Paling Tinggi Se- Jawa Tengah, Ternyata Ini Rahasianya

BACA JUGA:Pengakuan Menhub yang Menginap 2 Hari di IKN, Bisa Tidur Nyenyak dan Udara Sejuk

PLN Icon Plus adalah Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), yang berperan dalam pengembangan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta transisi energi.

PLN Icon Plus terus berinovasi menyediakan solusi Beyond kWh dengan menyediakan penawaran lengkap yang mencakup teknologi jaringan serat optik end-to-end, layanan terkelola infrastruktur, pusat data, platform digital kelas atas, dan solusi layanan managed service perangkat yang andal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: