Honda

Layanan Streaming Dorong Industri Musik Indonesia Berkembang, Lagu-lagu Indonesia Makin Digemari

Layanan Streaming Dorong Industri Musik Indonesia Berkembang, Lagu-lagu Indonesia Makin Digemari

Spotify, layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia, menampilkan data streaming Indonesia dan global melalui laporan ekonomi musik tahunannya, Loud & Clear, dalam sesi media briefing bersama Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng--

PALPRES.COM- Di tengah industri musik yang terus berkembang, layanan streaming telah menjadi kekuatan besar yang menjadi akses kepada audiens dan memungkinkan artis dari seluruh penjuru dunia berkembang, termasuk Indonesia. 

Artinya semakin banyak artis Indonesia ditemukan oleh audiens global lewat layanan streaming. 

Spotify, layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia, menampilkan data streaming Indonesia dan global melalui laporan ekonomi musik tahunannya, Loud & Clear.

Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng mengatakan, Streaming secara konsisten telah mendorong transformasi dalam industri musik. 

“Loud and Clear memberikan wawasan baru bagi para artis, industri, dan penggemar di seluruh dunia tentang apa yang diamati oleh Spotify berdasarkan data-datanya, memberikan kejelasan tentang streaming musik dan ekonominya," jelas Kossy Ng, Head of Music Spotify, Southeast Asia.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Playlist Lagu Yang Wajib Kamu Putar di Spotify, Nomor 2 Sudah Ada Sejak Tahun 1970an

BACA JUGA:Fitur Lirik Lagu Spotify Kini Tak Lagi Gratis, Pengguna Wajib Berlangganan

Laporan terbaru Loud & Clear mengungkapkan pertumbuhan yang luar biasa bagi artis Indonesia di Spotify pada tahun 2023. 

Artis Indonesia ditemukan oleh pendengar baru lebih dari 5,1 miliar kali, dengan lebih dari 3.600 artis Indonesia ditambahkan ke playlist editorial, yang secara signifikan meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka.

Peran penting streaming dalam mendorong industri musik yang beragam dan dinamis di Indonesia juga terlihat dari data yang menunjukkan hampir 60% dari lagu-lagu yang masuk tangga lagu harian Top 50 Indonesia berasal dari artis Indonesia. 

Hal ini semakin menegaskan kecintaan pendengar terhadap artis lokal dan karya yang mereka hasilkan.

BACA JUGA:Spotify Luncurkan Your K-Pop Persona, Pengalaman Interaktif Fandom dengan Grup K-Pop

BACA JUGA:Dengerin Lagu di Spotify, Cashback DANA Rp15.000 Langsung Untukmu

"Streaming memberikan kesempatan langsung kepada artis seperti saya untuk menjangkau pendengar di seluruh dunia. Informasi yang diberikan oleh Spotify melalui laporan Loud & Clear sangat bermanfaat, menunjukkan dampak nyata dari musik kami dalam skala global. Bangga rasanya melihat bagaimana musik Indonesia dapat menghubungkan pendengar baik di dalam maupun luar negeri, dan hal ini mendorong kami untuk terus berkarya," ujar Hindia, memberikan pendapatnya tentang bagaimana streaming membantu menjangkau lebih banyak audiens dan memperluas eksistensinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: