Honda

Layanan Streaming Dorong Industri Musik Indonesia Berkembang, Lagu-lagu Indonesia Makin Digemari

Layanan Streaming Dorong Industri Musik Indonesia Berkembang, Lagu-lagu Indonesia Makin Digemari

Spotify, layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia, menampilkan data streaming Indonesia dan global melalui laporan ekonomi musik tahunannya, Loud & Clear, dalam sesi media briefing bersama Head of Music Spotify Southeast Asia Kossy Ng--

Dampak yang ditimbulkan oleh streaming dalam memperluas peluang artis secara global juga terlihat dalam aspek finansial.

Menurut Spotify, pada tahun 2023, royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify hampir tiga kali lipat dari jumlah yang dihasilkan pada tahun 2021, dan meningkat lebih dari 1.500% sejak tahun 2017.

Hal ini begitu transformatif, dengan lebih dari 70% dari seluruh royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia di Spotify pada tahun 2023 berasal dari artis atau label independen.

BACA JUGA:14 Lagu Terbaik Godbless Getarkan PSCC, Konser Amal GP Ansor Sumsel di Palembang Sukses 'Merawat Kebhinekaan'

BACA JUGA:Lagu Terbaru Jimin BTS Bertajuk 'Who' Sudah Rilis, Ini Lirik dan Terjemahannya

Sementara itu, berkaitan dengan ekspor musik, semakin banyak karya dari artis Indonesia yang berhasil menembus batas-batas bahasa dan budaya.

Pada tahun 2023, lebih dari dua pertiga dari royalti yang dihasilkan oleh artis Indonesia berasal dari pendengar di luar negeri, menunjukkan daya tarik yang besar terhadap musik karya artis Indonesia.

Selain itu, artis yang membawakan lagu dalam Bahasa Indonesia secara kolektif mengalami pertumbuhan royalti Spotify sebesar 521% sejak tahun 2018, mencerminkan apresiasi global yang semakin meningkat terhadap musik berbahasa Indonesia.

"Pertumbuhan artis Indonesia begitu luar biasa, dan kami yakin akan ada lebih banyak lagi yang membuat gebrakan di kemudian hari, sebagaimana ditunjukkan oleh temuan kami. Spotify telah dan akan terus memperluas jangkauan musik Indonesia ke audiens global dengan mendukung artis lokal pada setiap tahap karir mereka," tutup Kossy.

BACA JUGA: Bintang Rock Islam Dedikasikan ‘Forever Palestine’ untuk Palestina, Berikut Lirik Lagu dan Terjemahannya

BACA JUGA:Jersey Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Resmi Dirilis, Desainnya Terinspirasi Lagu Berkibarlah Benderaku

Diluncurkan pada tahun 2021, Loud & Clear adalah laporan tahunan Spotify tentang streaming musik, menyediakan sumber informasi bagi artis dan penggemar di seluruh dunia mengenai ekonomi streaming.

Spotify tetap menjadi satu-satunya layanan streaming yang mempublikasikan data tersebut.

Kunjungi website Loud & Clear yang mencakup informasi tentang sistem royalti dan prosesnya, pendapatan streaming artis, dan masih banyak lagi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: