Honda

HLM Pengendalian Inflasi, Ini 5 Arahan Pj Gubernur Sumsel Kepada Tim TPID Sumsel

HLM Pengendalian Inflasi, Ini 5 Arahan Pj Gubernur Sumsel Kepada Tim TPID Sumsel

Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi foro bersama Tim TPID Sumsel dalam High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Selatan--

Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan Capacity Building dengan materi yang disampaikan oleh Direktur Statistik Distribusi BPS RI, Dr. Sarpono, S.Si, M.Sc.

Dalam paparannya, Sarpono menyatakan bahwa salah satu upaya untuk mengatasi inflasi yang berdampak pada tingkat kemiskinan di Sumatera Selatan adalah dengan mengatur pola distribusi di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Ini Strategi TPID Sumsel Tekan Inflasi Ditahun 2024, Catat Deflasi 0,08 Persen pada Januari

BACA JUGA:HLM TPID Kabupaten Ogan Ilir, Waspada Harga Komoditas Ini Diprediksi Naik Jelang Akhir Tahun

"Semakin panjang pola distribusi, maka selisih harga dari produsen ke konsumen akan semakin besar, yang dapat menyebabkan harga tinggi dan meningkatkan inflasi, serta berujung pada ketidakmampuan masyarakat untuk membeli dan meningkatkan angka kemiskinan," ungkap Sarpono. 

Sarpono juga mengimbau kabupaten dan kota di Sumatera Selatan untuk melakukan upaya pengentasan kemiskinan.

Lebih lanjut, beliau menekankan beberapa komoditas utama yang harus menjadi perhatian di Sumatera Selatan, yaitu beras, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Elen Setiadi menyampaikan 5 (lima) arahan yang wajib dilakukan oleh TPID se-Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Waspada Inflasi Desember 2023, TPID Kota Palembang Perlu Mencermati Risiko Kenaikan Harga Komoditas

BACA JUGA:TPID Pemkab OKI Pantau Harga Komoditas Pangan, Begini Hasilnya

Pertama, TPID Kabupaten/Kota diharapkan menjalankan semua program yang telah ada serta mengambil inisiatif baru untuk pengendalian beberapa komoditas utama, termasuk beras, gula pasir, dan cabai rawit.

Kedua, untuk pengendalian harga beras, TPID diharapkan bekerja sama dengan Bulog dan melaksanakan program seperti penyaluran beras bagi ASN.

Ketiga, untuk pengentasan kemiskinan, dilakukan dengan penyaluran bansos, CSR, dan pelaksanaan program-program lain secara bersama yang menyasar target bersama.

Keempat, TPID juga diimbau untuk melakukan sinkronisasi dan publikasi dari kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.

BACA JUGA:Kamala Harris Pilih Veteran Garda Nasional AS sebagai Calon Wapres, Ini Tujuannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: