Honda

Jumlah JKN-KIS Capai 99,57 Persen, Pemprov Sumsel Dapat UHC Award 2024 dari Pusat

Jumlah JKN-KIS Capai 99,57 Persen, Pemprov Sumsel Dapat UHC Award 2024 dari Pusat

Jumlah JKN-KIS Capai 99,57%, Pemprov Sumsel Dapat UHC Award 2024 dari Pusat--Humas Pemprov Sumsel

JAKARTA, PALPRES.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menorehkan penghargaan di kancah nasional, kali ini Pemprov Sumsel berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage.

dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI). 

Pemerintah pusat memberikan apresiasi atas dedikasi dan komitmen tinggi  Pemprov Sumsel dalam mewujudkan pelayanan kesehatan berbasis UHC.

dengan cakupan perlindungan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) 99.57% persen dari jumlah penduduk.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menko PMK RI Muhadjir Effendi kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi,S.H, M.S.E  diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel dr. H. Trisnawarman, M.Kes., Sp.KKLP., Supsp.FOMC, bertempat  di The Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur

BACA JUGA:Ini 6 Kriteria Prioritas Pada Seleksi CPNS dan PPPK 2024, Kamu Termasuk?

BACA JUGA:PM Jepang Batalkan Kunjungan ke Luar Negeri Setelah para Ahli Keluarkan Peringatan 'Megaquake'

Untuk diketahui, Universal Health Coverage (UHC) merupakan konsep pembangunan kesehatan global.

yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial. Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Pada 2024 ini, kepesertaan JKN yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 sedikitnya sebesar 98 persen dari total populasi.

 Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi target UHC di Indonesia yang telah terwujud di atas 98 persen dari total penduduk, dengan lebih dari 275 juta jiwa terdaftar dalam Program JKN-KIS.

BACA JUGA:Ini Urutan Golongan Darah yang Jago Memendam Perasaan, Kamu Nomor Berapa?

BACA JUGA:Moxa Catatkan Pertumbuhan 2 Kali Lipat di GIIAS 2024, Sukses Tambah 3.572 Pengguna Baru

“Pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian/lembaga, dan seluruh pemerintah daerah,” ujar Wapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: