Honda

Lubuklinggau Siap Wujudkan Pilkada 2024 Damai, Aman dan Lancar

Lubuklinggau Siap Wujudkan Pilkada 2024 Damai, Aman dan Lancar

Lubuklinggau Siap Wujudkan Pilkada 2024 Damai Aman dan Lancar--

PALEMBANG, PALPRES.OCM- Penjabat (Pj) Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa menghadiri kegiatan rapat koordinasi dengan tema peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dalam pemantapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang dilaksanakan di Griya Agung, Palembang, Rabu (21/8/2024).

Pada kegiatan tersebut juga, Pj Wali Kota Lubuk Linggau bersama para bupati/wali kota se-Sumsel menandatangani kesepakatan bersama dengan Pj Gubernur Sumsel.

Dalam arahannya, Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi menyebutkan dalam mempersiapkan Pilkada serentak,  perlu kerjasama yang baik mengingat wilayah Provinsi Sumsel sangat luas.

“Saya memastikan bahwa Pilkada serentak di Sumsel berjalan aman, lancar dan damai sesuai dengan prinsip demokrasi,” katanya.

BACA JUGA:Ribuan Warga Lubuklinggau Ramai-Ramai Nonton Lomba Panjat Pinang HUT Kemerdekaan RI Ke-79

Berdasarkan data KPU Sumsel, terdapat 6,37 juta pemilih yang tersebar pada 13.185 TPS di 17 kabupaten/kota. 

Untuk itu, pemberian dana hibah Pilkada sudah disalurkan kepada KPU, Bawaslu, Polri dan TNI. Kemudian, realisasi dana hibah kepada kabupaten/kota hampir 100 persen.

Rakor ini, menurutnya sangat penting untuk menentukan kesiapan dan kualitas Pilkada dan demokrasi yang akan dilakukan. 

Dia menyoroti dan berharap kepada seluruh camat di Sumsel, agar dapat berperan bersama Forkopimca serta Panwaslu dan Panwascam untuk melaksanakan sinergi yang baik agar dapat mencegah konflik horizontal dalam masayarakat.

BACA JUGA:Inilah Kemeriahan Karnaval Pawai Kendaraan Mobil Hias Pembangunan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di Lubuklinggau

Sementara, Pj Wali Kota Lubuk Linggau, H Trisko Defriyansa menyebutkan pada intinya  daerah siap untuk melaksanakan  Pilkada Serentak  2024.

“Untuk Kota Lubuk Linggau, secara umum kita siap termasuk siap pendanaan, infrastruktur  pendukung  dan ada arahan  Gubernur  untuk  netralitas  ASN, Lubuk Linggau  Insya Allah  ASN paham dengan aturan dan akan menjaga netralitas itu,” tegasnya.

Karna menurut dia pada umumnya  pemahaman aturan ASN Lubuk Linggau  berada di perkotaan jadi tidak sulit untuk update  aturan dan regulasi.

“Semua ASN, baik guru, tenaga teknis, tenaga kesehatan,  aparatur  sipil  di Pemkot Insya Allah  konsisten   melaksanakan  sesuai aturan dan mendukung  pilkada  berjalan adil , damai dan kondusif,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: