Honda

Upacara Hari Juang Polri 2024, Kapolres OKI Bacakan Proklamasi Polisi Indonesia

Upacara Hari Juang Polri 2024, Kapolres OKI Bacakan Proklamasi Polisi Indonesia

Kapolres OKI AKBP Hendrawan membacakan proklamasi Polisi Indonesia saat upacara peringatan hari Juang Polri 2024 di Mapolres OKI-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Polres Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar upacara memperingati Hari Juang Polri di halaman Mapolres OKI, Rabu 21 Agustus 2024.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIK, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres OKI, personel Polres OKI, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibacakan sejarah singkat penetapan Hari Juang Polri, berawal dari setelah Proklamasi Kemerdekaan RI dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

BACA JUGA:Wardah Color Expert Edukasi Frontliner Grapari Telkomsel, Ajarkan Cara Gunakan Make Up dan Merawat Wajah

PPKI melaksanakan sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945, yang membahas tentang pembagian Provinsi, pembentukan Komite Nasional Daerah, penetapan 12 Departemen dan berdasarkan usul Oto Iskandar Dinata.

Serta menetapkan status Polisi supaya segera dimasukkan ke dalam kekuasaan pemerintah Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, pada tanggal 20 Agustus 1945 Inspektur Polisi Kelas I Muhammad Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya bersama dengan beberapa anggota melaksanakan rapat untuk membahas kedudukan Polisi pasca proklamasi Kemerdekaan RI.

Dari hasil pertemuan tersebut disepakati bahwa pada 21 Agustus 1945 Polisi menyatakan sikap kesetiaannya kepada Negara Republik Indonesia dengan menyusun teks Proklamasi Polisi.

BACA JUGA:Proyek Tol Trans Sumatera Berlanjut, Target Rampung 2025, Bikin Palembang ke Jambi Tembus 2,5 jam

Pada tanggal 21 Agustus 1945 Inspektur Polisi Kelas I Muhammad Jasin pimpin apel pagi di halaman Markas Polisi Istimewa Surabaya, dan membacakan teks Proklamasi Polisi yang diikuti oleh seluruh anggota.

Kemudian memberikan perintah agar melaksanakan pawai siaga untuk menunjukkan kekuatan dan kesiapan tempur menghadapi reaksi Jepang serta menempelkan pamflet Proklamasi Polisi.

Peristiwa tersebut merupakan momentum penting, yang dapat memicu semangat anggota Polisi untuk mendukung dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

Dengan cara melakukan pelucutan senjata terhadap gudang senjata jepang, membagi-bagikan senjata kepada badan-badan perjuangan dan mengirim sebagian senjata ke wilayah lain untuk membantu perjuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: