Honda

Ada Rumah Bersubsidi di IKN, Ini Keunggulan Perumahan Bata Interlock Seharga Rp182 Juta

Ada Rumah Bersubsidi di IKN, Ini Keunggulan Perumahan Bata Interlock Seharga Rp182 Juta

Ilustrasi rumah subsidi bata intelock di IKN seharga Rp182 juta-pixabay-

PALPRES.COM - PT Semen Indonesia Tbk (SIG) terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan rumah subsidi dengan memanfaatkan teknologi bata interlock di IKN.

Menariknya, rumah-rumah ini dirancang sebagai bangunan tapak satu lantai dengan luas 36 m2 yang bisa diselesaikan hanya dalam waktu 15 hari.

Sasa Medika selaku General Manager of Brand Management SIG menjelaskan, penggunaan teknologi bata interlock memungkinkan rumah yang presisi, cepat, tahan gempa dan biaya terjangkau.

"Rumah ini ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan merupakan hasil riset terapan yang memanfaatkan bata yang saling mengunci, mirip sistem lego," ujarnya, Minggu 25 Agustus 2024.

BACA JUGA:Inilah Perjalanan Politik Bahlil Lahadalia, Ketum Golkar yang Kepergok Minum Whisky Seharga Rp29,5 Juta

BACA JUGA: Gempa Laut 5.2 M Guncang Seluma Bengkulu, Dirasakan hingga Pagaralam, Tak Berpotensi Tsunami

Bata interlock juga menawarkan banyak keuntungan dibanding material konvensional, termasuk efisiensi penggunaan material dan kemudahan aplikasi.

Selain itu, proses kontruksi juga lebih cepat lantaran bata interlock takmemerlukan perendaman, pencetakan, pengecoran atau aplikasi perekat di setiap lapisan.

Bahkan, bata interlock juga dinyatakan ramah gempa untuk wilayah dengan sismisitas tinggi berdasarkan uji siklik 2D yang dilakukan Balai Besar Sarana dan bangunan Gedung Dirjen Bina Teknik Permukiman dan Perumahan.

Sesuai dengan keputusan Menteri PUPU Nomor 689/KPTS/M/2023, harga rumah bersubsidi ini ditawarkan Rp182 juta.

BACA JUGA:Tahun ke-5 Digital Kito Galo Sukses Dorong Perluasan Akseptansi Digitalisasi Sistem Pembayaran

BACA JUGA:3 Ciri KPM yang dihentikan Bansos PKH dan BPNT Miliknya, Benarkah Penyaluran Dari Pos Pindah Ke ATM KPM?

Keputusan itu juga menetapkan batasan luas tanah, luas lanntai dan harga jual rumah umum tapak untuk pelaksanaan kredit atau pembiayaan perumahan dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan, serta besaran subsidi bantuan uang muka.

SIG juga menerapkan solusi beton inovatif berbasis semen hijau seperti beton perbaikan jalan dalam semalam, beton dekoratif dan paving block berpori untuk kawasan yang rawan genangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: