Honda

Pertamina EP Subang Field Dukung Penuh Budidaya Kopi Puntang

Pertamina EP Subang Field Dukung Penuh Budidaya Kopi Puntang

Salah Satu Warga Melakukan Panen Kopi Puntang yang Didukung Pertamina EP Subang Field. -Istimewa-

BANDUNG, PALPRES.COM- Pertamina EP Subang Field terus mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya pada Ring 1 wilayah kerja.

Hal itu terlihat Pertamina EP Subang Field mendukung penuh budidaya kopi puntang melalui program Masyarakat Peduli Alam Puntang (Melintang) di Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. 

Program Melintang sudah berjalan sejak 2017 lalu melaluu kelompok usaha budidaya kopi yang berada di naungan Lembaga Masyarakay Desa Hutan (LMDH).

Bersama dengan LMDH Bukit Amanah, Pertamina Hulu Energi dan Pertamina EP Subang Field melakukan panen kopi di Gunung Puntang, Kabupaten Bandung. 

BACA JUGA:Pertamina EP Subang Field Tanam 3.800 Pohon di Pengujung Tahun, Inilah Jenis Pohon yang Ditanam

BACA JUGA:Kembangkan SDM Warga Lokal, Pertamina EP Papua Field Gelar Pelatihan Forklift

Panen kopi dilakukan di kebun berketinggian 1250-1500 mdpl. 

Kopi yang dipanen merupakan kopi tipe Arabika Priangan jenis Yellow Bourbone. 

"Yellow Bourbone merupakan jenis kopi yang baru dikembangkan dan dinobatkan sebagai kopi Arabika terbaik di dunia dalam pertemuan produsen kopi dunia di Alaska pada tahun 2016," ujar Ketua LMDH Bukit Amanah Deni Sofian Dimyati yang akrab disapa Abah Onil . 

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Muharram Jaya Panguriseng, Corporate Secretary PHE Arya Dwi Paramita.

BACA JUGA:Pertamina EP Donggi Matindok Field Serahkan 1 Unit Ambulance di Banggai

BACA JUGA:Pertamina EP Sukowati Field Sukses Menurunkan Emisi dan Naikkan Produksi

Senior Manager Subsurface Exploration Regional 2 Angga Direzza, Senior Manager Subsurface Zona 7 Giatno, dan para pimpinan redaksi media nasional.

Setelah pemanenan, para tamu undangan diajak untuk melanjutkan perjalanan ke saung salah satu kelompok tani hutan untuk melaksanakan tahap selanjutnya dalam budidaya kopi yaitu.

Pengupasan kulit luar kopi menggunakan alat yang bernama pulper. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: