Honda

Gempa Megathrust Ancam Wilayah Indonesia, Bagaimana IKN?

Gempa Megathrust Ancam Wilayah Indonesia, Bagaimana IKN?

Ilustrasi ancaman gempa megathrust di wilayah Indonesia-pixabay-

PALPRES.COM - Gempa megathrust adalah Gempa bumi sangat besar dan terjadi dalam zona subdoksi, yaitu wilayah yang menjadi lokasi salah satu lempeng tektonik bumi terdorong di bawah lempeng lainnya.

Sedangan di Indonesia terdapat sejumlah wilayah yang patut diwaspadai dimana BMKG tengah memantau wilayah tersebut sebab ada potensi terjadi gempa megathrust.

Mengenai ancaman gempa megathrust di Indonesia ini apakah Ibu Kota Nusantara atau IKN ini aman?

Sebelumnya, tahun 2024 riwayat gempa di Pulau Kalimantan dalam kurun waktu Januari - Agustus telah terjadi 153 kali gempa bumi dalam sebulan.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel dan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagsel Bikin Kesepakatan Bikin Pekebun Sawit Sumringah

BACA JUGA:7 Bahan Alami yang Diyakini Mampu Mengatasi Penyakit Malaria, yuk Simak Ulasannya

Gempa ini dirasakan oleh masyarakat seperti di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Berau merasakan gempa berulang dengan magnitudo 4,7 kedalaman 10 kilometer di Kabupaten Bajar Kalimantan Selatan.

Pada 13 Februari 2024, ini juga terjadi juga gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 - 6,5 atau tercatat 30 kali gempa bumi dengan getaran biasa.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Balikpapan Rasmid lonjakan gempa di Pulau Kalimantan mengindikasi masa pelepasan energi mungkin di masa 10 tahun atau 5 tahun sekarang periode merilis energi.

"Jadi gempa bumi itu berulang saat lempengnya bergerak dan memberikan tekanan batuan yang sifat eleastisitas berbeda jika terjadi stress, maka akan mengumpulkan dan kemudian batuan ini melebihi bata elektrisnya tak mampu lagi hingga stress," bebernya.

BACA JUGA:Pagi Ini Gempa 2 Kali Guncang Kabupaten Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

BACA JUGA:Info BMKG, Cuaca Wilayah Sumsel Hari Ini 7 September 2024 Terpantau Cerah dan Berawan

Apabila terjadi stress itu, maka melepaskan dalam bentuk gempa dan sekarang adalah masa periode pelepasan energi tersebut dan habis batuan ini mengumpulkan energi secara berulang-ulang.

Lantas, bagaimana dengan Ibu Kota Nusantara atau IKN? Apakah aman dari bencana Megathrust ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: