Honda

Begini Loh, Asal Usul Data Penerima Bansos PKH dan BPNT yang Dicairkan Kemensos!

Begini Loh, Asal Usul Data Penerima Bansos PKH dan BPNT yang Dicairkan Kemensos!

Asal usul data penerima bansos PKH dan BPNT--Instagram@Kemensos_PKH

PALPRES.COM - Penjelasan mengenai bansos PKH, dan BPNT yang perlu kamu ketahui. Termasuk dengan asal-usul dari data yang dipakai untuk menyalurkan kedua bansos Kemensos tersebut.

Seringkali kita dipusingkan dengan pertanyaan seputar permasalahan data bansos PKH (Program Keluarga Harapan), dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). Nah berikut penjelasan singkat terkait hal tersebut yang bisa kamu pelajari.

Dalam menjalankan Program Keluarga Harapan (PKH) ini, Pendamping PKH yang secara garis besar bertugas sebagai pelaksana program, mendapat data olahan dari pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti dan diverifikasi data, komponen dan syarat warga sebagai penerima PKH.

Lalu apa saja syarat dan ketentuan penerima PKH?

Syarat penerima PKH harus mempunyai minimal 1 dari ketiga komponen yang ada di PKH.

BACA JUGA:Generasi Terbaru Hadir Dengan Harga Rp105 Jutaan, Suzuki Swift 2024 Bisa Segera Kamu Pesan, Tertarik?

BACA JUGA:Mobil Listrik Murah Asal Vietnam Seharga Rp 200 Jutaan Keren Abis, China, Korsel, dan jepang Disalip!

Komponen PKH adalah Pendidikan (SD, SMP dan SMA/Sederajat), Kesehatan (Ibu Hamil dan Balita 0-6 Tahun), Kessos (Keluarga yang mempunyai Lansia 70 tahun dan Disabilitas berat).

Untuk mencoret (menghilangkan) data penerima PKH yang dianggap sudah mampu/sejahtera tidak bisa dihilangkan secara sepihak harus melalui berberapa prosedur. 

Pertama dengan cara pendekatan persuasif agar mau mundur dari peserta PKH. Kedua, melalui Musyawarah Desa dengan cara bedah data penerima bantuan dan kemudian diberikan surat keterangan dari Desa kalau memang penerima bantuan sudah mampu/sejahtera.

Berbeda dengan bansos BPNT, masyarakat penerima tidak perlu memiliki komponen lagi. Mereka jika masuk sebagai penerima didalam data bayar, secara otomotasi menjadi penerima bansos BPNT. 

BACA JUGA:Xiaomi Pad 6S Pro Tablet Keren Diharga Rp 7 Jutaan Aja, Dengan Kelebihan Ubah Sketsa Jadi Karya Seni

BACA JUGA:SELAMAT! 7 Bansos Resmi Dilanjutkan Pada 2025, 2 Diantaranya Masih Prose Burekol Sampai Akhir September

Disamping itu, petugas bansos ini tidak di handle oleh Pendmaping PKH. Melainkan TKSK (Tenaga Kesejahteran Sosial Kecamatan). Kemudian penerima bansos ini tidak perlu mengikuti P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga) yang diselenggarakan setiap bulannya seperti pada bansos PKH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: