Honda

Sinergi Mendukung Dekarbonisasi, 2 Perusahaan Subholding Upstream Pertamina Jalin Kerjasama

Sinergi Mendukung Dekarbonisasi, 2 Perusahaan Subholding Upstream Pertamina Jalin Kerjasama

PT Pertamina Hulu Energi bersama dengan PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU).-Istimewa-

JAKARTA, PALPRES.COM- Dua perusahaan Subholding Upstream Pertamina mendukung penuh untuk mewujudkan Dekarboniasi atau net zero emisi telah dilakukan.

Dua perusahaan Subholding Upstream Pertamina itu yakni PT Pertamina Hulu Energi bersama dengan PT Pertamina Internasional Shipping (PIS) melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU).

Bertempat di Gedung Nawasena Mandiri Unversity, Kawasan Bank Mandiri Wijaya Kusuma Jakarta, dilaksanakan penandatanganan MoU antara kedua anak perusahaan PT Pertamina (persero) tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PHE, Chalid Said Salim dan CEO PIS, Yoki Firnandi pada Jumat 20 September 2024. 

Penandatanganan MoU ini dilakukan sebagai simbolis kesepakatan awal kerja sama penyediaan transportasi liquified CO2 dan receiving terminal dalam pengembangan bisnis karbon antara PT Pertamina Hulu Energi dengan PT Pertamina Internasional Shipping.

BACA JUGA:Semester Pertama 2024 Pertamina Subholding Upstream Regional Jawa Catatkan Produksi Baik

BACA JUGA:Direktur Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Kunjungi Mitra Binaan PHE OSES di Lokasi Ini

Penandatanganan MoU yang disaksikan langsung oleh Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) Wiko Migantoro ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara PT Pertamina Hulu Energi dan PT Pertamina International Shipping terkait Joint Study Penyiapan Transportation & Receiving Terminal LCO2.  

Kerjasama ini memungkin PHE dan PIS mengambil peran/ posisi di new business CCS, terutama pada CO2 transport dan CO2 storage.

Melalui MoU ini, PHE dan PIS akan bersinergi dalam melakukan potensi kerja sama penyediaan transportasi melalui laut dengan menggunakan moda kapal untuk penyediaan transportasi.

Serta  terminal penerima onshore dan offshore floating storage Liquefied CO2 dalam Pengembangan bisnis karbon yang dikelola PHE beserta afiliasinya. 

BACA JUGA:Penghargaan SKK Migas Award 2024 Diborong Subholding Upstream Pertamina

BACA JUGA:Jalankan Inovasi Efisiensi Energi, Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina Raih 5 Penghargaan Subroto 2023

"PHE terus berupaya untuk mendukung dual growth strategy Pertamina, dengan memperkuat base business hulu migas.

Untuk menjaga ketahanan energi nasional dan juga terus mengupayakan dekarbonisasi, salah satunya dengan penerapan CCS/CCUS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: