RDPS
Honda

Tobatenun Rayakan Industri Tenun dan Peran Perempuan Indonesia

Tobatenun Rayakan Industri Tenun dan Peran Perempuan Indonesia

Dengan memadukan tradisi masyarakat Batak dan sentuhan modern, Tobatenun berkolaborasi dengan Sarinah untuk menggelar rangkaian acara yang menyemarakkan perayaan ini sepanjang bulan September hingga menuju puncak Panggung Karya Nusantara (PKN) 2024.--

Dengan adanya kampanye ini, Tobatenun berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang tentang pentingnya peran perempuan dalam melestarikan budaya dan meningkatkan ekonomi komunitas lokal.

“Kami percaya bahwa melalui kolaborasi dengan Sarinah, kami tidak hanya merayakan warisan budaya Indonesia, tetapi juga memperkuat peran perempuan yang selama ini menjadi penjaga seni tenun,"ungkap Melvi Tampubolon - Partner & COO Tobatenun.

BACA JUGA:Harga Murah Spek Gahar, Ini Pilihan 5 Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa Baru

BACA JUGA:Sisternet Festival 2024, XL Axiata Targetkan Berdayakan 1 Juta Perempuan,Bonus Kuota untuk Perempuan Indonesia

"Melalui kampanye #PerempuanDirayakan kami berkomitmen untuk terus mengapresiasi kontribusi perempuan, sekaligus memberdayakan mereka dalam industri kreatif, memastikan mereka mendapatkan perhatian dan pengakuan yang layak. Dengan sinergi ini, kami ingin menciptakan dampak positif dan membuka lebih banyak peluang bagi perempuan dalam melestarikan seni tenun, sembari mendorong inovasi dalam industri kreatif,"tambahnya.

Seni tekstil banyak melibatkan perempuan, dan Tobatenun lahir dari kerinduan untuk memberdayakan mereka serta menjaga kesenian sakral ini.

Melalui Jabu Bonang, Tobatenun menyediakan ruang aman bagi perajin perempuan lokal, memberi mereka pelatihan dan bimbingan untuk maju dan berkembang.

Sebagian besar mitra Tobatenun adalah perempuan yang menghadapi berbagai peran sebagai ibu, istri, dan tulang punggung keluarga.

BACA JUGA:OJK Ungkap Perempuan Lebih Melek Jasa Keuangan Dibanding Lak-laki, Literasi Keuangan Capai 65,43 Persen

BACA JUGA:Kandidat Capres Perempuan Kulit Hitam Pertama, Kamala Harris Banjir Dukungan

Tobatenun ingin menyoroti ketangguhan mereka dan merayakan pencapaian yang diperjuangkan.

Di area urban, Teman Tobatenun juga menghadapi tantangan dan stigma yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Kampanye "Perempuan Dirayakan" mengangkat suara perempuan di pedesaan dan perkotaan, menekankan pentingnya kesetaraan, kebebasan, dan pengakuan atas pencapaian mereka.

Tobatenun ingin merangkul semua perempuan untuk saling mendukung, mengenal nilai diri, membangun kepercayaan diri, dan merayakan pencapaian lintas bidang.

Tobatenun tak hanya merayakan warisan budaya, tapi juga menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung perempuan.

Menyoroti peran perempuan dalam melestarikan seni tenun tradisional dan memberdayakan mereka dalam industri kreatif melalui pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: