Honda

Kemenag Sumsel Gelar Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama

Kemenag Sumsel Gelar Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama

Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sumsel, Harmadi membuka kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Angkatan II, di Hotel Duta Syariah Palembang, Selasa 1 Oktober 2024.--

PALPRES.COM- Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan menggelar Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Angakatan II.

Kegiatan ini berlangsung  di Hotel Duta Syariah Palembang 01-04 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementarian Agama Provinsi Sumsel yang diwakili oleh Pembimas Katolik Harmadi, Selasa 1 Oktober 2024.

Dalam arahannya, Harmadi menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya menciptakan kerukunan umat beragama dan satu bukti dalam rangka mensinergikan program kementerian agama.

BACA JUGA:Kemenag dan Maskapai Saudi Airlines Serahkan Asuransi Kepada Ahli Waris Jemaah Haji Indonesia 2024

BACA JUGA:Lebih Setahun Dirawat di RS Saudi, Kemenag Kawal Kepulangan Jemaah Umrah ke Tanah Air

"Melalui kegiatan ini saya harapkan dapat meningkatkan pemahaman yang komperhensif tentang penguatan moderasi beragama, toleransi, penguatan nilai-nilai kebangsaan guna menjaga NKRI dari ancaman disharmonisasi dan disintegrasi bangsa," ujarnya.

Dia menegaskan, strategi yang dapat dipakai dalam menerapkan moderasi beragama dilakukan melalui sosialisasi sikap dan prilaku moderat.

Menanamkan konsep moderasi beragama di lingkungan sekitar.

“Penguatan moderasi beragama adalah upaya sistematis untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama," tutur Harmadi.

 BACA JUGA:Ini Penjelasan Kemenag Terkait Penyiaran Adzan Maghrib yang Diganti Running Text Saat Misa Akbar Besok

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Kemenag Dibuka Hari Ini 1 September 2024, Lulusan Ma'had Aly Bisa Daftar, Cek Tahapannya

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia H. Fery Suhaimi dalam laporannya menuturkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kanwil Kemenag Sumsel untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang komperhensip kepada peserta, tentang penguatan moderasi beragama, toleransi, penguatan nilai-nilai kebangsaan, serta upaya strategis mempertahankan kehidupan bermasyarakat, beragama dan berbangsa yang rukun damai dan toleran.

“Kegiatan ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari Pengurus MGMP dan KKG Lintas Agama, Pengurus Pokja Pengawas Lintas Agama, Pengurus Pokja Penyuluh Lintas Agama dari 17 Kota/Kabupaten Se-Sumsel, serta perwakilan dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Fery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: