RDPS
Honda

Motormu Susah Hidup? Ternyata 9 Penyebab Ini Masalah Utamanya

Motormu Susah Hidup? Ternyata 9 Penyebab Ini Masalah Utamanya

Ilustrasi Motor Honda Beat-www.astramotor.co.id-

8. Kondisi Sistem Pengapian Elektronik

Mesin motor modern umumnya menggunakan sistem pengapian elektronik yang lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan. 

Faktor seperti kelembaban, suhu, dan keausan komponen elektronik dapat memengaruhi kinerja sistem pengapian. 

Jika terdapat kerusakan atau gangguan pada komponen-komponen sistem pengapian elektronik, mesin motor bisa mengalami kesulitan untuk menyala setelah didiamkan dalam waktu lama.

 

9. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor juga dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesulitan mesin untuk menyala setelah didiamkan lama. 

Oli yang tidak mampu menjaga viskositasnya dalam berbagai kondisi suhu dapat menyebabkan kurangnya pelumasan yang efektif saat mesin dihidupkan kembali.

Hal ini bisa mengakibatkan gesekan berlebihan antara komponen-komponen mesin dan menghambat proses start-up mesin.

 

Dengan memperhatikan berbagai faktor di atas, pemilik motor dapat lebih memahami alasan-alasan mengapa mesin motor sulit menyala setelah didiamkan dalam waktu lama. Perawatan yang berkala dan menggunakan bahan bakar serta oli yang sesuai spesifikasi dapat membantu menjaga performa mesin motor agar tetap optimal.

Jika kendala sulitnya mesin untuk menyala terus terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik profesional guna mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari kerusakan lebih lanjut pada mesin motor. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk memperbaiki masalah sulitnya mesin motor untuk menyala setelah tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: