Honda

Dorong Pengusaha Lokal Go Global, BRI Peduli Gelar Pelatihan Ekspor UMKM Binaan

Dorong Pengusaha Lokal Go Global, BRI Peduli Gelar Pelatihan Ekspor UMKM Binaan

Pelatihan Ekspor bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) hasil kolaborasi antara BRI dengan BRI Research Institute (BRIRIns) dan PPEJP.-BRI-

JAKARTA, PALPRES.COM - BRI terus menunjukkan komitmen untuk memberikan pemberdayaan terhadap pengusaha lokal agar mampu go global dan bersaing di pasar internasional. 

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BRI Peduli, perseoan menyelenggarakan program Pelatihan Ekspor bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) hasil kolaborasi antara BRI dengan BRI Research Institute (BRIRIns) dan PPEJP.

Kegiatan ini berlangsung di Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Jakarta, pada 29 - 31 Oktober 2024 lalu dan diikuti oleh 30 calon eksportir yang juga merupakan UMKM binaan BRI dari berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa pelatihan ekspor ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan keterampilan dasar dalam ekspor.

BACA JUGA:Lupa Beli Pulsa? Jangan Khawatir, Ada BRImo Solusinya!

BACA JUGA:Nadia, Agen BRILink di Muba yang Topang Ekonomi di Pelosok Negeri

Tujuannya untuk mengembangkan jangkauan bisnis mereka, dari yang sebelumnya lokal menjadi berorientasi pasar nasional maupun go internasional.

Jaga kualitas produk

“Harapannya UMKM bisa terus menjaga kualitas dari produknya, pasarnya semakin terbuka, sehingga mereka bisa naik kelas dan bisa mengakses pasar lebih besar lagi,” ujar Catur.

Ia menambahkan, kegiatan ekspor merupakan kesempatan emas bagi UMKM untuk mengakses pasar global dan mengembangkan usaha agar bisa naik kelas. 

BACA JUGA:BRIDS Raih Peringkat Pertama Kompetisi Pembukaan Rekening Efek Terbanyak, pada Investor Protection Month 2024

BACA JUGA:Dewan Pers Apresiasi BRI Fellowship Journalism 2025, Tingkatkan Kompetensi Jurnalis di Indonesia

Melalui program ini, BRI berharap dapat membantu plaku usaha untuk bisa lebih percaya diri dan siap memasarkan produk mereka hingga ke pasar internasional.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut peserta diperkenalkan tentang dasar-dasar ekspor, teknik analisis pasar dan SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Treaths).

Lalu, pengembangan produk untuk kebutuhan internasional, hingga strategi mencari pembeli di pasar global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: