Honda

BLT BPNT Sembako di 431 Daerah Ini Cuma Cair Rp400.000 via ATM KKS, Simak Penjelasannya

BLT BPNT Sembako di 431 Daerah Ini Cuma Cair Rp400.000 via ATM KKS, Simak Penjelasannya

Ilustrasi-Dok Palpres-

JAKARTA, PALPRES.COM - Setelah masyarakat diguyur bansos PKH Tahap 1 pada minggu pertama bulan Maret, pada minggu ke 2 ini pun masyarakat penerima bansos regular dari Kemensos ini dipastikan akan mendapatkan bansos lainnya.

Bansos tersebut berupa BLT BPNT Sembako.

Dari informasi yang telah dirangkum dari beberapa sumber, penyaluran bansos BPNT Sembako ini sudah mulai disalurkan sejak tanggal 7 Maret 2023. 

Hal ini tidak lepas dari pernyataan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismahariani beberapa hari lalu. 

BACA JUGA:HORE! Penerima BLT BPNT Sembako dan PKH Dapat Bansos Tambahan 3 Bulan, Cair Jelang Lebaran 2023

Beliau mengatakan, penyaluran bansos akan segera dilakasanakan Maret 2023 ini, dan diharapkan selesai menjelang puasa Ramadan 2023.

Setelah dikeluarkanya surat resmi yang berisikan penghentian penyaluran bansos BPNT/Sembako melalui agen e-Waroeng, pemerintah memberikan aleternatif penyaluran melalui dua mekanisme. 

Pertama melalui Himbara (Himpunan Bank Rakyat), kedua melalui PT Pos Indonesia. 

Penyaluran dua cara ini diambil berdasarkan pendekatan akses wilayah. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ada 2 BLT Terbaru yang Akan Cair Jelang Lebaran 2023, Simak Cara Dapatnya

Lebih kurang sebanyak 431 kabupaten/kota akan disalurkan melalui KKS ATM, yang dimiliki oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Lalu, 83 kabupaten/kota akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia melalui undangan bagi daerah yang masuk 3T (Terluar, Tertinggal, dan Terpencil). 

Seperti Kabupaten Langkat, Karo, Simalungun, Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Labuhanbatu Selatan, Medan, Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, Padang, Bukit Tinggi, Pariaman, Sarolangun, Batanghari, Muaro Jambi, Bungo, Bangka, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung Timur, Kupang, Rote Ndao, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Malaka, Mempawah, Sanggau, Kayong Utara.

Kemudian, Kapuas, Barito Selatan, Lamandau, Kotabaru,  Tapin, Berau, Luwu Timur, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Halmahera Timur, Pulau Taliabu, Jayapura,Kepulauan Yapen, Mamberamo Raya, Jayapura  Kota, Sorong, Manokwari, Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: