Mengenal 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan Beserta Julukan dan Sukunya

Kamis 05-01-2023,16:11 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Sri Devi

8. Ogan Komering Ulu Selatan ( Ibukota Muara Dua)

Kabupaten Ogan Komering Ulu merupakan salah satu dari 17 Kabupaten/Kota di Propinsi Sumatera Selatan yang berada di bagian Selatan dengan jarak sekitar 200 Km dari Ibu Kota Propinsi dan dikenal dengan julukan Bumi Serasan Seandanan.

BACA JUGA:Mengenal 3 Tradisi Kesultanan Palembang yang Wajib Di lestarikan

Secara geografis Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak di antara 103°25′ sampai dengan 104°50′ Bujur Barat (Grid UTM 9.655 Kilometer sampai dengan 9.799 Kilometer) dan 3°40′ sampai dengan 4°55′ Lintang Selatan (Grid UTM 320 Kilometer sampai dengan 404 Kilometer).

Kabupaten Ogan Komering Ulu terletak pada posisi yang cukup strategis karena dihubungkan oleh sistem jaringan jalan anteri primier Lintas Tengab Sumatera di Provinsi Sumsel.

Sebagai wilayah yang ada di perlintasan, Kabupaten Ogan Komering Ulu menghubungkan kota-kota di Pulau Sumatera dengan kota-kota di Pulau Jawa. Selain itu, akses ke Kabupaten Ogan Komering Ulu selain menggunakan kendaraan roda empat dapat pula melalui Jaringan Kereta Api yang merupakan angkutan Barang dan Penumpang yang menghubungkan Kota Palembang–Baturaja–Tanjung Karang.

Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan terdapat suku daya (31.20%), semendo (24.89%), Jawa (18.95%), kisam (9.9%), ogan (7.83%).

BACA JUGA:Mengenal 5 Tradisi di Sumatera Selatan yang Kamu Harus Tahu

9. Ogan Komering Ulu Timur ( Ibu Kota Martapura)

Ogan Komering Ulu Timur terbentuk sebagai pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ulu yang dikenal dengan julukan Bumi Sebiduk Sehaluan.
Kabupaten ini terkenal sebagai salah satu daerah yang maju dan terdepan di Provinsi Sumatra Selatan.

Suku Komering yang hampir 80 persen menempati wilayah ini seperti Di daerah Gunung Jati, Campang Tiga, Semendawai, Kangkung, Betung, Martapura, Gunung Batu, Muncak Kabau, Belitang, Buay Madang, Minanga, Belitang (sebagian), dan Madang Suku. Berdasarkan data BPS OKU Timur 2019, jumlah penduduk kabupaten ini berjumlah 670.272 jiwa (2018).

10. Ogan Ilir  (Ibukota Indralaya)

BACA JUGA:3 Masjid Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam, Begini Sejarahnya

Kabupaten Ogan Ilir adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yang dijuluki dengan julukan Bumi Caram Seguguk. Ogan Ilir berada di jalur lintas timur Sumatera dan pusat pemerintahannya terletak sekitar 35 km dari Kota Palembang.

Di kabupaten ini berlokasi kampus Universitas Sriwijaya. Selain itu terdapat pula Pondok Pesantren Al Ittifaqiah yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1967 serta Pondok Pesantren Raudhatul Ulum yang terletak di Desa Sakatiga serta Pondok Pesantren Nurul Islam (PPNI) yang berlokasi di Desa Seri Bandung, Kecamatan Tanjung Batu.

Mayoritas Masyarakatnga berprofesi sebagai petani drngan populasi 356,034 jiwa berasal dari Suku Ogan dengan 3 (tiga) sub-suku, yakni: Suku Pegagan Ulu, Suku Penesak dan Suku Pegagan Ilir.

Kategori :