Mengenal 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan Beserta Julukan dan Sukunya

Kamis 05-01-2023,16:11 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Sri Devi

PALPRES.COM, PALPRES.COM – Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Selatan yang berbatasan dengan Lampung dan Jambi.

Di Sumatera Selatan sendiri terdapat 17 Kabupaten dan Kota yang tersebar di Bumi Sriwijaya dengan Ibu Kotanya Palembang.

Pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah Sumsel merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara.

Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika. Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit.
Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri china.

BACA JUGA:Serasa di Bali, 8 Destinasi Wisata Pantai di Palembang Ini Wajib Banget Kamu Kunjungi

Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Belanda, lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Secara administratif Sumatera Selatan terdiri dari 13 Pemerintah Kabupaten dan 4 Pemerintah Kota, beserta perangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu wilayah di Pulau Sumatera yang kaya akan keberagaman budaya, bahasa dan juga dihuni oleh banyak suku bangsa yang tersebar di Bumi Sriwijaya.

Setiap suku bangsa tersebut memiliki bahasa dan adat istiadat serta budaya yang berbeda.

BACA JUGA:Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Berikut 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan beserta suku dan julukannya yang dikutip Palpres.com dari berbagai sumber.

1. Ogan Komering Ulu ( Ibu Kota Baturaja)

Kabupaten Ogan Komering Ulu atau sering disingkat OKU adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sumatra Selatan, Indonesia. Ibu kotanya adalah Baturaja yang dikenal dengan julukkan Bumi Sebimbing Sekundang. Kabupaten ini terkenal dengan wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak Suku Ogan di Provinsi Sumatera Selatan.

Penduduk Ogan Komering Ulu berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 berjumlah 367.603 jiwa. Suku di daerah Ogan Komering Ulu, ogan (54.38%), jawa (24.83%), daya (7.35%), sunda (3.96%), Palembang (2.79%), Komering (2.14%).

BACA JUGA:Mengenal 12 Suku Melayu di Sumatera Selatan yang Wajib Diketahui

Kategori :