Mengenal 17 Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan Beserta Julukan dan Sukunya

Kamis 05-01-2023,16:11 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Sri Devi

2. Ogan Komering Ilir (Ibukota Kayu Agung)

Ogan Komering Ilir adalah sebuah wilayah kabupaten di Sumatra Selatan yang dijuluki Bumi Bende Seguguk dan memiliki luas 19.023,47 km² dan berpenduduk sekitar 731.721 jiwa. Ibu kotanya adalah Kecamatan Kayu Agung.

Pada tahun 2020, kabupaten ini memiliki 18 Kecamatan yang terdiri atas 314 desa beserta 13 kelurahan.

Di Kabupaten Ogan Komering Ilir terdapat suku jawa (35.40%), melayu (25.96%), komering (7.96%), kayuagung (5.83%), pedamaran (5.75%).

BACA JUGA:Bukan Hanya Bahasa Palembang, Yuk Mengenal Keberagaman Bahasa Daerah di Sumatera Selatan

3. Muara Enim (Ibukota Muara Enim)

Muara Enim adalah kabupaten di provinsi Sumatra Selatan, yang dijuluki dengan julukan Bumi Serasan Sekundang. Ibu kota kabupaten ini terletak di kecamatan bernama sama.

Salah satu perusahan tambang batu bara PT Bukit Asam berada di kabupaten ini, tepatnya di Tanjung Enim, Lawang Kidul. Jumlah penduduk Kabupaten Muara Enim sebanyak 612.900 jiwa.

Di Kabupaten Muara Enim terdapat sumu lematang (28.4%), enim (25.3%), rambang (13.97%), jawa (10.56%), semendo (6.69%), dan (5.04%) belida.

BACA JUGA:Mengenal Suku Komering, Setiap Calon Pengantin Dapat Gelar Adat

4. Lahat ( Ibukota Lahat)

Kabupaten Lahat terdiri dari 7 kecamatan induk yaitu Lahat, Kikim, Kota Agung, Jarai, Tanjung Sakti, Pulau Pinang, dan Merapi. Namun pasca pemekaran, jumlah Kecamatan di Kabupaten Lahat bertambah menjadi 24 kecamatan.

Kabupaten ini dikenal dengan julukan bumi Seganti Setungguan. Di Kabupaten Lahat terdapat suku Lahat atau sering disebut juga sebagai Jeme Lahat merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia yang mendiami beberapa kecamatan di Kabupaten Lahat dan beberapa wilayah lainnya di Provinsi Sumatra Selatan.

Suku Lahat terbagi kedalam 4 kelompok (Sub-Suku Lahat) yang dahulu disebut dengan Kelompok Lekipali,
atau kepanjangan dari Lematang, Kikim, Pasemah (atau Besemah), dan Lintang.

BACA JUGA:Wajib Tau, Ini Asal Usul Orang Palembang Bermata Sipit dan Berkulit Putih

Komunitas masyarakat Suku Lahat sebagian besar tinggal di daerah-daerah pegunungan atau area perbukitan yang subur. Di bagian barat dan selatan terdapat gugusan Pegunungan Bukit Barisan dengan puncaknya yang tertinggi Gunung Dempo (3.159 meter di atas permukaan laut).

Kategori :