Update Pencairan Bansos PKH Tahap 4 dan BPNT tahap 5 Tanggal Berapa? Cek Faktanya

Senin 02-10-2023,17:26 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

- Kategori anak SD: Rp150.000

- Kategori anak SMP: Rp250.000, dan

- Kategori anak SMA: Rp333.333

Begitu juga untuk bantuan BPNT tahap 5 juga disalurkan untuk dua bulan dengan total bantuan yang diterima Rp400.000 per KPM. 

BACA JUGA:Cair Hari Ini Bansos Reguler Kemensos Rp900 Ribu Perbulan untuk KPM Kategori Ini

Jika dipantau melalui akun SIKS-NG pendamping sosial saat ini belum ada progres terkait penyaluran bantuan sosial baik PKH maupun BPNT untuk periode bulan September-Oktober 2023. Seperti untuk nama calon penerima, verifikasi rekening apalagi SP2D juga belum terbit, artinya masih memerlukan waktu beberapa minggu ke depan untuk menyelesaikan semua tahapannya.  

Maka dari itu, diingatkan kepada para KPM untuk tidak terlalu sering mengecek bantuannya ke ATM, agar kartu KKS Merah Putihnya tidak cepat rusak. 

Disarankan kepada KPM agar sebelum mengecek saldo bantuan ke ATM terlebih dahulu lakukan pengecekan di link cekbansos.kemensos.go.id 

Apabila nama anda muncul disana sebagai KPM aktif, maka dipastikan akan memiliki peluang mendapat pencairan bansos PKH dan BPNT untuk periode bulan September-Oktober 2023 ini.

BACA JUGA:Oktober Full Rezeki, 4 Bansos Kemensos Cair Serentak Bulan Oktober Ini, KPM Ambil di Bank dan Pos

Namun, perlu diketahui juga jika ada Kemensos RI telah menonaktifkan sebanyak 2.284.392 KPM penerima bantuan sosial baik dari PKH, BPNT dan KIS PBI. 

Berdasarkan pemeriksaaan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan ada sebanyak 23.879 KPM berstatus PNS menerima bantuan sosial yang juga ditidaklayakan dan 13.369 KPM terdaftar di Dirjen AHU.

Para KPM ini data sudah dinonaktifkan oleh Kementerian sosial alias tidak lagi menerima pencairan PKH dan BPNT pada tahap ini dan seterusnya. 

Untuk itu perlu diketahui, ada 7 Syarat wajib agar Bansos PKH cair di tahap 4 dan 5 syarat wajib agar BPNT cair di tahap 5 

Syarat dapat PKH tahap 4: 

BACA JUGA:Oktober KPM Full Bahagia, Ada 7 Bansos Siap Cair Mulai Besok, Ada Bansos Baru?

Kategori :