Begini Tips Membersihkan Paru-paru dari Ganasnya Efek Rokok

Selasa 31-10-2023,11:26 WIB
Reporter : Citra Utama
Editor : Citra Utama

2. Olahraga Teratur

Berolahraga juga merupakan cara alami membersihkan paru-paru perokok. 

Olahraga seperti aerobic, bersepeda, hingga berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru, serta meningkatkan kadar oksigen.

Tapi, kalau kamu memiliki memiliki riwayat penyakit paru-paru seperti COPD atau asma, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli medis sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

 

3. Lakukan Terapi Uap

Menghirup uap dari pancuran air panas atau panci berisi air mendidih akan membantu membuka saluran udara, sehingga bisa mengencerkan serta membersihkan lendir dari paru-paru.

Selain itu, menghirup uap juga berperan untuk meredakan sementara gejala sesak napas pada mereka yang mengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

 

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan penurun peradangan, yang juga bisa membantu melindungi jaringan paru-paru akibat dampak berbahaya dari menghirup asap.

 

5. Jauhi Vaping

Sejatinya, ahli dan dokter masih mempelajari risiko jangka panjang dari rokok elektrik alias vape. 

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa vaping membuat paru-paru manusia kurang mampu membersihkan lendir, hingga hal itu bisa menyebabkan infeksi.

Dalam hal ini, satu-satunya hal yang harus kamu hirup ke dalam paru-paru adalah udara yang murni dan bersih, dan obat-obatan yang diresepkan. 

Kategori :