Tidak Hanya Cantik, Ternyata Bunga Teratai Memiliki Manfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan Lho, Apa Saja?

Senin 27-11-2023,14:58 WIB
Reporter : Diah Gunderi
Editor : Sri Devi

Konsentrasi antioksidannya dapat melindungi kulit dari sinar Ultraviolet (UV A) dan (UV B) dan melawan radikal bebas.

Vitamin A juga berperan dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak, mencegah penuaan dini yang muncul berupa kerutan halus di kulit wajah dan juga juga kantung mata.

Untuk mendapatkan manfaat dari bunga teratai ini, anda cukup menyeduh bunga teratai seperti anda meminum teh biasa.

2. Menghilangkan jerawat

BACA JUGA:Hempas Polusi Udara! Ini 4 Rekomendasi Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

Vitamin C yang terkandung di dalam bunga Teratai dapat mengurangi sebum berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Antioksidan yang ada di dalam vitamin C dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekas hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

Dengan mengkonsumsi bunga Teratai segar ataupun yang telah dikeringkan hingga menjadi teh, maka akan memberikan manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Namun, apabila mengkonsumsi bunga teratai yang dicampur dengan campuran teh hijau, maka zat antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dan teratai akan menjadi lebih maksimal.

BACA JUGA:Unik dan Eksotis, Ternyata Memiliki Rahasia! Inilah Manfaat Tanaman Hias Air Mata Ibu, Luka Bakar Bisa Sembuh

Untuk membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Mencampurkan lotus ke teh hijau dan mengoleskannya ke wajah dapat secara signifikan mengurangi jumlah sebum yang ada pada kulit wajah.

Namun, anda tetap harus tetap merawat kebersihan wajah, menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, sehingga manfaat bunga teratai dapat bekerja secara maksimal.

3. Memiliki sifat antioksidan

Pertama, tanaman teratai banyak mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralkan molekul reaktif atau radikal bebas.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Penyegar Visual dalam Ruangan, Ternyata Tanaman Hias Juga Sehat untuk Tubuh dan Pikiran Lho!

Radikal bebas yang menumpuk pada tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang merusak sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker.

Kategori :