INFO TERBARU! KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024, Catat Syarat dan Cara Pengajuannya

Senin 01-01-2024,10:15 WIB
Reporter : Citra Utama
Editor : Citra Utama

Sementara itu, untuk syarat KUR TKI, pengaju harus memiliki KTP, KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, Visa, dan persyaratan lain sesuai ketentuan. 

Setelah memahami persyaratan yang ditetapkan BRI, berikut adalah cara pengajuan KUR BRI yang berlaku saat ini: 

● Pastikan bidang usaha yang akan Anda ajukan untuk mendapat KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek. 

● Siapkan kelengkapan dokumen pengajuan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya. 

● Setelah dokumen lengkap, datangi kantor bank penyalur yang masuk dalam daftar pemerintah. Ikuti prosedur yang diterapkan di bank tersebut. Biasanya, bank akan melakukan survey atau wawancara untuk menganalisis kelayakan peminjam.

● Tunggu hasil pengumuman dari bank penyalur apakah pengajuan Anda akan cair atau tidak.   

 

KUR Bank BNI 

Seperti dikutip dari laman resmi Bank BNI, bank BNI menetapkan beberapa persyaratan seperti, Individu dan atau badan usaha (usaha mikro kecil maupun menengah) harus memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup. 

Tidak hanya itu, BNI juga menetapkan persyaratan lain seperti  Individu dan atau badan usaha (UMKM) minimal memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat dan usaha lain sesuai ketentuan dan ketetapan BNI. 

Selain itu, pemohon harus memiliki kualitas kredit bank lancar (jika ada), masa aktif usaha minimal 6 bulan, pemohon telah berusia minimal 21 tahun atau dibawah 21 tahun namun telah menikah dan tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).

Sementara itu, untuk cara pengajuan BNI memiliki dua cara pengajuan yang disediakan yaitu dapat secara online maupun offline. 

 

1. Pengajuan KUR BNI secara online 

 

● Mengunjungi lama website BNI https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/kurOption 

Kategori :