Sebagai informasi, kala itu pemerintah memiliki opsi untuk membangun jalan layang dibandingkan membangun tunnel tersebut.
BACA JUGA:INFO TERKINI! Bansos PKH dan BLT BPNT Cair di Tanggal Ini Langsung 3 Bulan, Cek Namamu Segera
Namun, ternyata untuk membangun jalan layang justru membutuhkan biaya hingga Rp700 miliar.
Sementara jika membangun terowongan, maka dana APBD yang bakal digunakan mencapai Rp400 miliar.
Walaupun akhirnya dibangun tunnel, sebenarnya terowongan ini bisa dibilang cukup megah.
Sebab, panjang dari tunnel di Kalimantan Timur ini mencapai 700 meter dengan panjang strukturnya 400 meter.
BACA JUGA:Terpanjang di Indonesia, Inilah Proyek Jembatan Musi V di Sumatera Selatan, Kapan Rampung?
BACA JUGA:Kinerja Pemkot Palembang Peringkat 7 Terbaik Nasional, Hasil Luar Biasa dengan Skor 3,4541
Bukan itu saja, konsep yang dimiliki tunnel di Samarinda ini juga berbeda dengan yang ada di daerah lain seperti Makassar.
Perbedaan itu terletak pada kondisi alam lantaran di atas terowongan itu, gunung dan pohon akan tetap dipertahankan.
Sehingga kondisi tanah tidak berubah lantaran pemerintah tidak ingin merusak kondisi alam di atasnya.
Demikianlah informasi mengenai megaproyek pembangunan terowongan di Kalimantan Timur senilai Rp400 miliar. *