Berikut 5 Dampak Negatif Terlalu Banyak Berolahraga, Nomor 3 Bisa Merusak Hormon

Rabu 31-01-2024,18:14 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Sulis Utomo

Insomnia atau tidur gelisah adalah gejala umum dari akibat olahraga berlebihan ini membuat tubuh kita semakin sulit untuk pulih.

3. Bisa merusak hormon

Secara umum olahraga mampu angkan dan membantu mengurangi kadar kortisol dan adrenalin yaitu hormon yang dilepaskan pada saat stres.

Akan tetapi jika kita olahraga berlebihan kita mungkin mengalami stres kronis dengan kortisol dan adrenalin yang terus meningkat.

BACA JUGA:7 Olahraga Terbaik untuk Lansia, Nomor 1 Paling Gampang Banget!

4. Stok energi semakin habis

Saat kita berolahraga terlalu banyak tubuh mungkin juga kesulitan mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkannya yang menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan mengalami komplikasi medis.

Ketika kita tidak mengisi tubuh dengan karbohidrat protein dan lemak berkualitas tinggi yang cukup tubuh akan mulai mengalami kelelahan.

5. Cadangan glikogen terkuras dan perbaikan otot yang buruk

BACA JUGA:Ini 4 Kesalahan Pemula saat Melakukan Gerakan Olahraga, Hindari Ya!

Dimana semuanya berkontribusi pada kelelahan kronis akibat olahraga berlebihan, jika seseorang terlalu banyak berolahraga dan mengalami gejala overtraining.

Ada baiknya untuk mengurangi intensitas olahraga atau istirahat total selama 1 atau 2 minggu, tapi jika masih rasa lelah setelah satu atau dua minggu istirahat temui dokter untuk saran lebih lanjut. (*)

 

Kategori :